PPENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE GROUP INVESTIGATION (GI) DAN KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF TERHADAP PRESTASI BELAJAR IPA KELAS VI SD THOMAS AQUINO

Main Authors: ., MARIA NI LUH PUTU DEWI HANDAYANI, ., PROF. DR. A.A.ISTRI NGR.MARHAENI,M.A., ., DR. I NYOMAN TIKA, M.Si.
Format: Article info eJournal
Terbitan: Jurnal Pendidikan Dasar , 2015
Online Access: http://pasca.undiksha.ac.id/e-journal/index.php/jurnal_pendas/article/view/1784
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dan mendeskripsikan pengaruh beberapa variabel, yaitu: model pembelajaran kooperatif tipe GI dan kemampuan berpikir kreatif, dan prestasi belajar IPA di SD Thomas Aquino Tuka Dalung. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas 6 SD Thomas Aquino tahun pelajaran 2014/2015 yang berjumlah 168 siswa. Sampling technique yang digunakan adalah random sampling dengan jumlah sampel 112 siswa. Penelitian ini dirancang dalam bentuk penelitian The posttest-Only Control Group Design. Data dikumpulkan dengan menggunakan kuesioner dan tes. Analisis data menggunakan anava dua jalan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) terdapat perbedaan yang signifikan pada hasil belajar siswa yang mengikuti pembelajaran dengan model pembelajaran kooperatif tipe group investigation dan pembelajaran konvensional; (2) terdapat pengaruh interaksi yang signifikan antara model pembelajaran dan kemampuan berpikir kreatif siswa terhadap prestasi belajar IPA; (3) terdapat perbedaan yang signifikan antara prestasi belajar IPA siswa yang memiliki kemampuan berpikir kreatif tinggi ketika mereka diberikan perlakuan menggunakan pembelajaran dengan model pembelajaran kooperatif tipe group investigation dan model pembelajaran konvensional; (4) tidak terdapat perbedaan yang signifikan antara prestasi belajar IPA siswa yang memiliki kemampuan berpikir kreatif rendah ketika mereka diberikan perlakuan menggunakan pembelajaran dengan model pembelajaran kooperatif tipe group investigation dan model pembelajaran konvensional.Kata Kunci : berpikir kreatif, group investigation, pembelajaran kooperatif, prestasi belajar This study aims to analyze and describe the influence of several variables, namely: cooperative learning model GI and creative thinking skills, and science learning achievement in Thomas Aquino Elementary School, Tuka-Dalung. The population in this study were all students of grade 6 Thomas Aquino Elementary School in the academic year of 2014/2015, amounting to 168 students. Sampling technique used is random sampling with 112 students as its sample. This study was designed in the form of The posttest-Only Control Group Design. The data in this study were collected using a questionnaire and a test, then analyzed using two-way anova.The results showed that: (1) there is a significant difference in learning achievement of students whom being treated by cooperative learning model Group Investigation and conventional learning; (2) there was a significant interaction effect between models of learning and creative thinking ability towards students’ science achievement; (3) there is a significant difference between science learning achievement of students who have high creative thinking skills when they are given treatment using the learning cooperative learning model Group Investigation and conventional learning model; (4) there is no significant difference between science learning achievement of students who have low creative thinking skills when they were given treatment using cooperative learning model Group Investigation and conventional learning model.keyword : creative thinking, cooperative learning, Group Investigation, learning achievement