PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN TEMATIK TERPADU BERBANTUAN MEDIA AUDIO VISUAL TERHADAP MOTIVASI BELAJAR DAN HASIL BELAJAR IPA PADA SISWA KELAS IV SD GUGUS I KECAMATAN BANJARANGKAN

Main Authors: ., I DEWA GEDE SUDHARMANTA, ., PROF. DR. NYOMAN DANTES, ., PROF. DR. I B. PUTU ARNYANA, M.Si.
Format: Article info eJournal
Terbitan: Jurnal Pendidikan Dasar , 2015
Online Access: http://pasca.undiksha.ac.id/e-journal/index.php/jurnal_pendas/article/view/1781
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan model pembelajaran tematik terpadu berbantuan media audio visual terhadap motivasi belajar dan hasil belajar pada siswa kelas IV SD Gugus 1 Kecamatan Banjarangkan. Penelitian ini tergolong sebagai penelitian eksperimen dengan rancangan Posttest-Only Control Group Design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV SD di Gugus I Kecamatan Banjarangkan yang berjumlah 112 orang. Sampel penelitian sebanyak 50 siswa. Penentuan sampel penelitian ini dilakukan dengan teknik random sampling. Pengumpulan data dilakukan dengan penyebaran kuesioner untuk variabel motivasi belajar dan tes pilihan ganda untuk variabel hasil belajar. Metode analisis data yang digunakan adalah Manova. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) terdapat pengaruh penerapan model pembelajaran tematik terpadu berbantuan media audio visual terhadap motivasi belajar pada siswa kelas IV SD Gugus 1 Kecamatan Banjarangkan, (2) terdapat pengaruh penerapan model pembelajaran tematik terpadu berbantuan media audio visual terhadap hasil belajar IPA pada siswa kelas IV SD Gugus 1 Kecamatan Banjarangkan, dan (3) secara simultan, terdapat pengaruh penerapan model pembelajaran tematik terpadu berbantuan media audio visual terhadap motivasi belajar dan hasil belajar IPA pada siswa kelas IV SD Gugus 1 Kecamatan Banjarangkan.Kata Kunci : hasil belajar, motivasi belajar, model pembelajaran tematik terpadu berbantuan media audio visual This research aims to investigate the effect of thematic learning model assisted by audiovisual media towards learning motivation and science learning outcomes of fourth grade elementary school students in Cluster I Banjarangkan Sub district. It was an experimental research using Posttest-Only Control Group Design. Population in this research was the entire fourth grade students in Cluster I Banjarangkan Sub district which consisted of 112 students. Fifty students were selected as sample using random sampling technique. Data were collected using questionnaire for learning motivation variable, whereas multiple choice tests were used for learning outcomes variable. Data analysis method used was MANOVA. The results show that: First, there was an effect of thematic learning model assisted by audiovisual media towards the students’ learning motivation. Second, there was an effect of thematic learning model assisted by audiovisual media towards the students’ science learning outcomes. Third, there was a simultaneous effect of thematic learning model assisted by audiovisual media towards the students’ learning motivation and science learning outcomes.keyword : learning motivation, learning outcomes, thematic learning model assisted by audiovisual media