Pengaruh Strategi Pembelajaran Kooperatif Tipe Group Investigation (GI) Terhadap Hasil Belajar IPS Ditinjau Dari Motivasi Belajar Pada Siswa Kelas VI SD Gugus I, Kecamatan Banjarangkan Kabupaten Klungkung

Main Authors: ., NI MADE AYU WATI, ., PROF DR. I WAYAN LASMAWAN,M.PD, ., PROF.DR.I NYOMAN NATAJAYA, M.Pd.
Format: Article info eJournal
Terbitan: Jurnal Pendidikan Dasar , 2015
Online Access: http://pasca.undiksha.ac.id/e-journal/index.php/jurnal_pendas/article/view/1780
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui besarnya pengaruh strategi pembelajaran kooperatif tipe group investigation terhadap hasil belajar IPS ditinjau dari motivasi belajar. Penelitian ini adalah penelitian eksperimen semu dengan rancangan The Posttest-Only Control-Group Desain. Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas VI SD Gugus I Banjarangkan yang berjumlah 173 siswa. Sebanyak 123 siswa dipilih sebagai sampel yang ditentukan dengan teknik group random sampling. Data motivasi belajar dikumpulkan dengan kuesioner dan hasil belajar menggunakan tes pilihan ganda. Data dianalisis dengan menggunakan analisis Anava A- B (Dua-jalan) berbantuan SPSS 17.00 for windows. Hasil penelitian menunjukkan bahwa : (1) Terdapat perbedaan hasil belajar IPS antara siswa yang mengikuti strategi pembelajaran kooperatif tipe GI dengan siswa yang mengikuti pembelajaran konvensional (2) Terdapat pengaruh interaksi antara model pembelajaran kooperatif tipe GI dengan motivasi terhadap hasil belajar IPS;dan (3) Pada siswa yang memiliki motivasi tinggi, terdapat perbedaan hasil belajar IPS antara siswa yang mengikuti strategi pembelajaran kooperatif tipe GI dengan siswa yang mengikuti pembelajaran konvensional (4) Pada siswa yang memiliki motivasi belajar rendah, hasil belajar IPSnya tidak terdapat perbedaan yang signifikan antara siswa yang belajar dengan strategi pembelajaran kooperatif tipe GI. Berdasarkan temuan tersebut dapat disimpulkan bahwa, Pembelajaran Kooperatif Tipe GI dapat memberikan dampak yang positip terhadap hasil belajar IPS yang digunakan dalam pembelajaran IPS di Sekolah Dasar atau Pembelajaran Kooperatif Tipe GI lebih unggul dari model pembelajaran konvensional. Namun khusus untuk siswa yang memiliki motivasi rendah, pembelajaran Kooperatif Tipe GI tidak memberikan kontribusi yang signifikan terhadap hasil belajar IPSKata Kunci : Strategi koperatif Group Investigation, hasil belajar, motivasi belajar This study aimed to determine the effect of cooperative learning strategy of group investigation (GI) toward Social study’s Learning Result in term of Motivation Learning. This study was a questionnaire -experimental research with The Posttest-Only Control-Group Design. The study population was all students in sixth grade cluster I Banjarangkan. This study involved 173 students as the subject. A total of 123 students selected as the sample group was determined by random sampling technique. Data were collected by questionnaire learning motivation and learning outcomes using a multiple-choice test. Data were analyzed using two-ways ANAVA, analysis aided 17:00 SPSS for windows and Tukey test. The results of this study showed that (1) There was a significant difference of learning achievement in social study of the students who followed cooperative learning Strategy type GI and conventional method toward the learning results of social study, (2) There was any effect between cooperative learning model type STAD and the motivation results toward the learning results of social study, (3) There was a significant difference of the learning achievement of social study of the students with high motivation result who followed the implementation of cooperative learning model type GI and those who followed conventional model, and (4) There wasn’t a significant difference of learning result of social study of the students with low motivation results who followed the implementation of cooperative learning model type GI and those who followed conventional model. Based on the findings above, it can be concluded that cooperative learning model type GI could give positive effect toward social study in elementary schools or cooperative learning type GI was better than conventional one. But specially for the low motivation result not giving yet significant contribution to the social study learning result.keyword : Cooperative Strategy Group Investigation, Learning Results,Learning motivation