Pengaruh Implementasi Model Pembelajaran Bermain Peran terhadap Kemampuan Berbicara Bahasa Indonesia Ditinjau dari Motivasi Belajar Siswa Kelas III SD Gugus VI Kecamatan Kediri

Main Authors: ., NI GUSTI AYU MADE ANOM MURJANI, ., PROF. DR. A.A.ISTRI NGR.MARHAENI,M.A., ., PROF DR. I WAYAN LASMAWAN,M.PD
Format: Article info eJournal
Terbitan: Jurnal Pendidikan Dasar , 2015
Online Access: http://pasca.undiksha.ac.id/e-journal/index.php/jurnal_pendas/article/view/1772
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran bermain peran terhadap kemampuan berbicara bahasa Indonesia siswa ditinjau dari motivasi belajar siswa. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu dengan rancangan The Posttest-only control group design. Populasi dalam penelitian ini adalah semua siswa siswa kelas III SD gugus VI Kecamatan Kediri tahun pelajaran 2014/2015 yang berberjumlah 143 orang siswa. Sampel diambil dengan teknik random sampling yang jumlah 80 orang. Data dikumpulkan menggunakan kuesioner motivasi belajar dan tes kemampuan berbicara bahasa Indonesia. Data dianalisis dengan analisis varians dua jalan dan dilanjutkan dengan uji Tukey. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) terdapat perbedaan kemampuan berbicara bahasa Indonesia antara siswa yang mengikuti model pembelajaran bermain peran dan siswa yang mengikuti pembelajaran konvensional, (2) terdapat pengaruh interaksi antara model pembelajaran dan motivasi belajar terhadap kemampuan berbicara bahasa Indonesia, (3) pada kelompok siswa yang memiliki motivasi belajar tinggi terdapat perbedaan kemampuan berbicara bahasa Indonesia antara siswa yang mengikuti model pembelajaran bermain peran dan siswa yang mengikuti pembelajaran konvensional, dan (4) pada kelompok siswa yang memiliki motivasi belajar rendah terdapat perbedaan kemampuan berbicara bahasa Indonesia antara siswa yang mengikuti model pembelajaran bermain peran dan siswa yang mengikuti pembelajaran konvensional.Kata Kunci : Bahasa Indonesia, kemampuan berbicara, model pembelajaran bermain perana, motivasi belajar This research aims at investigating the effect of implementation of role play instructional model on Bahasa Indonesia speaking competency observed from students’ learning motivation. This is a quasi experiment using Posttest-only control group design. The population of the study is all third grade students of gugus VI in Kediri District in the academic year of 2014/2015 which was 143 people. The sample was 80 students taken by using random sampling technique. Data in this study were collected through learning motivation questionnaire and Bahasa Indonesia speaking test. The data were analyzed with two-way ANOVA continued with Tukey test.The result of the study shows that: (1) there is a difference in Bahasa Indonesia speaking competency between the students who follow role play instructional model and the students who join conventional learning, (2) there is an interactive effect between instructional model and learning motivation on students’ Bahasa Indonesia speaking competency, (3) in the group of students who have high learning motivation, there is difference of Bahasa Indonesia speaking competency between the students who follow role play instructional model and the students who join conventional learning, and (4) in the group of students who have low learning motivation, there is difference of Bahasa Indonesia speaking competency between the students who follow role play instructional model and the students who join conventional learning.keyword : Bahasa Indonesia, speaking competency, role play instructional model, learning motivation