Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Jigsaw dengan Menggunakan Permainan Terhadap Motivasi Belajar dan Hasil Belajar Membaca Bahasa Indonesia Siswa Kelas IV Sd No.3 Kedonganan. Tesis Pendidikan Dasar, Program Pascasarjana, Universitas Pendidikan Ganesha

Main Authors: ., ANAK AGUNG KADE WIRAWATI, ., PROF. DR. A.A.ISTRI NGR.MARHAENI,M.A., ., PROF. DR. NYOMAN DANTES
Format: Article info eJournal
Terbitan: Jurnal Pendidikan Dasar , 2015
Online Access: http://pasca.undiksha.ac.id/e-journal/index.php/jurnal_pendas/article/view/1763
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui besarnya pengaruh pembelajaran kooperatif tipe jigsaw terhadap motivasi belajar dan hasil belajar siswa dalam pembelajaran Bahasa Indonesia. Penelitian ini adalah penelitian eksperimen semu dengan rancangan The Posttest-Only Control-Group Desain. Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas IV SD No.3 Kedongan yang berjumlah 75 siswa. Sebanyak 75 siswa dipilih sebagai sampel yang ditentukan dengan teknik group random sampling. Data motivasi belajar dikumpulkan dengan kuesioner dan hasil belajar menggunakan tes pilihan ganda. Data dianalisis dengan menggunakan MANOVA (multivariat Analysis of Variance) berbantuan SPSS 17.00 for windows. Hasil Penelitian menunjukkan bahwa: Pertama, terdapat perbedaan secara signifikan motivasi belajar antara siswa yang belajar dengan pembelajaran kooperatif tipe jigsaw dan siswa yang belajar dengan model pembelajaran konvensional pada siswa kelas IV SD No.3 Kedongan. Kedua, terdapat perbedaan secara signifikan hasil belajar membaca Bahasa Indonesia antara siswa yang belajar dengan pembelajaran kooperatif tipe jigsaw dan siswa yang belajar dengan model pembelajaran konvensional pada siswa kelas IV SD No.3 Kedongan. Ketiga, Secara simultan terdapat perbedaan yang signifikan terhadap motivasi belajar dan hasil belajar membaca Bahasa Indonesia antara siswa yang belajar dengan pembelajaran kooperatif tipe jigsaw dan siswa yang belajar dengan model pembelajaran konvensional pada siswa kelas IV SD No.3 Kedongan.Kata Kunci : hasil belajar membaca Bahasa Indonesia, motivasi belajar, dan pembelajaran kooperatif tipe jigsaw. This study aimed to determine the influence of the type of cooperative learning jigsaw learning motivation and learning outcomes of students in Indonesian. This study was a quasi-experimental research with The Posttest-Only Control-Group Design. The study population was all students in fourth grade 3 Kedongan which amounts to 75 students. A total of 75 students selected as the sample group was determined by random sampling technique. Data were collected by questionnaire learning motivation and learning outcomes using a multiple-choice test. Data were analyzed using MANOVA (Multivariate Analysis of Variance) aided 17:00 SPSS for windows. Results showed that: First, there is a significant difference in learning motivation among students who learn with jigsaw cooperative learning and student learning with the conventional learning model in fourth grade 3 students Kedongan. Secondly, there is a significant difference in learning outcomes Indonesian read between students learning with cooperative learning jigsaw and students who studied with conventional learning model in fourth grade 3 students Kedongan. Third, Simultaneously there is a significant difference to the learning motivation and learning outcomes Indonesian reading among students who learn with jigsaw cooperative learning and student learning with the conventional learning model in fourth grade 3 students Kedongankeyword : result of learning to read Indonesian, motivation to learn, and cooperative learning jigsaw