Pengaruh Implementasi Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Terhadap Hasil Belajar IPA Ditinjau Dari Motivasi Belajar Pada Siswa Kelas VI
Main Authors: | ., I PUTU SUTRISNA, ., PROF. DR. NYOMAN DANTES, ., PROF. DR. I B. PUTU ARNYANA, M.Si. |
---|---|
Format: | Article info eJournal |
Terbitan: |
Jurnal Pendidikan Dasar
, 2015
|
Online Access: |
http://pasca.undiksha.ac.id/e-journal/index.php/jurnal_pendas/article/view/1761 |
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh implementasi model pembelajaran inkuiri terbimbing terhadap hasil belajar IPA ditinjau dari motivasi belajar pada siswa kelas VI SD Gugus 01 Mengwi Kabupaten Badung. Penelitian ini tergolong jenis kuasi eksperimen dengan rancangan postest only control group design. Populasi dalam penelitian ini sejumlah 157 orang. Sampel penelitian diambil secara acak yang berjumlah 82 orang. Pengumpulan data menggunakan tes hasil belajar untuk memperoleh data hasil belajar dan koesioner motivasi untuk memperoleh data motivasi belajar siswa. Teknik analisis data menggunakan Anava Dua Jalan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Terdapat perbedaan yang signifikan hasil belajar IPA antara kelompok siswa yang mengikuti pembelajaran Model pembelajaran inkuiri terbimbing dengan kelompok siswa yang mengikuti pembelajaran konvensioanal pada siswa Kelas VI SD Gugus 01 Mengwi. (2) Terdapat interaksi antara Pendekatan pembelajaran dengan motivasi belajar terhadap hasil belajar IPA pada siswa Kelas VI SD Gugus 01 Mengwi. (3) Pada kelompok siswa yang memiliki motivasi belajar tinggi terdapat perbedaan yang signifikan hasil belajar IPA antara kelompok siswa yang mengikuti model pembelajaran inkuiri terbimbing dengan kelompok siswa yang mengikuti pembelajaran konvensioanal siswa Kelas VI SD Gugus 01 Mengwi. (4) Pada kelompok siswa yang memiliki motivasi belajar rendah terdapat perbedaan yang signifikan hasil belajar IPA antara kelompok siswa yang mengikuti model pembelajaran inkuiri terbimbing dengan kelompok siswa yang mengikuti pembelajaran konvensioanal siswa Kelas VI SD Gugus 01 Mengwi.Kata Kunci : hasil belajar IPA, inkuiri terbimbing, motivasi belajar. This research aims to investigate the effect of guided inquiry learning model implementation towards sciance learning outcomes viewed from learning motivation of the sixth grade elementary school students in Cluster 01 Mengwi, Badung Regency. This is a quasi-experimenetal using Postest Only Control Group design. Population in this research was 157 students, and 82 students were selected as sample. Data were collected using learning outcomes test for learning outcomes variable and motivation questionnaire to collect learning motivation data. Data were then analyzed using Two Way ANOVA. The results show that: First, there was a significant difference in science learning outcomes between students who learned using guided inquiry learning model and students who learned using conventional learning of the sixth grade students in Cluster 01 Mengwi. Second, there was an interaction between learning model and learning motivation toward science learning outcomes of the sixth grade students in Cluster 01 Mengwi. Third, for students who had high learning motivation, there was a significant difference in science learning outcomes between students who learned using guided inquiry learning model and students who learned using conventional learning of the sixth grade students in Cluster 01 Mengwi. Fourth, for students who had low learning motivation, there was a significant difference in science learning outcomes between students who learned using guided inquiry learning model and students who learned using conventional learning of the sixth grade students in Cluster 01 Mengwi.keyword : guided inquiry, learning motivation, science learning outcomes.