STUDI PENGEMBANGAN PENYUSUNAN RPP TEMA PEDULI TERHADAP MAKHLUK HIDUP PADA PEMBELAJARAN TEMATIK TERPADU BERORIENTASI PENDEKATAN SAINTIFIK DALAM RANGKA IMPLEMENTASI KURIKULUM 2013

Main Authors: ., NI MADE VINA ARISTA DEWI, ., PROF. DR. A.A.ISTRI NGR.MARHAENI,M.A., ., PROF DR. I WAYAN LASMAWAN,M.PD
Format: Article info eJournal
Terbitan: Jurnal Pendidikan Dasar , 2015
Online Access: http://pasca.undiksha.ac.id/e-journal/index.php/jurnal_pendas/article/view/1676
Daftar Isi:
  • Penelitian ini merupakan pengembangan penyusunan RPP sebagai upaya mengatasi permasalahan kurangnya kemampuan guru dalam menyusun RPP yang berorientasi pada pendekatan saintifik dalam rangka implementasi kurikulum 2013. Pengembangan RPP ini difokuskan pada satu tema yaitu tema peduli terhadap makhluk hidup di kelas IV semester 1. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan suatu produk RPP yang sesuai dengan komponen-komponen RPP yang tertuang dalam Permendikbud No.81 A tahun 2013 lampiran IV tentang Implementasi Kurikulum Pedoman Pembelajaran (Kemendikbud, 2013:38). Dengan menggunakan produk RPP ini maka implementasi kurikulum 2013 akan berjalan dengan baik dan sesuai dengan apa yang menjadi tujuan implementasi kurikulum 2013. Pengembangan RPP tema peduli terhadap makhluk hidup ini menggunakan model 4-D yang terdiri dari 4 tahap utama yaitu: define, design, development, dan dessiminate, namun dalam engembangan RPP ini hanya hingga tahap development. Hasil diperoleh bahwa hasil validasi ahli dan praktisi rancangan RPP tema peduli terhadap makhluk hidup capaiannya 0,912, maka rencana pelaksanaan pembelajaran berkategori sangat baik dan layak digunakan, sedangkan keterlaksanaan RPP dengan nilai rata-rata 87,32 yang termasuk kategori 3/baik, sehingga layak digunakan dalam pembelajaran, dan tingkat persepsi guru terhadap pembelajaran tematik terpadu meliliki kategori baik dengan nilai rata-rata skor 83,64Kata Kunci : Kurikulum 2013, Pendekatan Saintifik, RPP, Tematik Terpadu This research aims at developing lesson plans product to overcome the problem of low quality of teachers in developing lesson plans with the orientation of scientific approach in order to implement Kurikulum 2013. This lesson plans development focuses on one theme, that is, peduli terhadap makhluk hidup (care about living things). This research produced lesson plans which is relevant with lesson plans component in Permendikbud No. 81A tahun 2013 lampiran IV about Curriculum Implementation Guidelines for Learning Instruction (Kemendikbud, 2013:38). By using this lesson plans product, it is expected that the implementation of Kurikulum 2013 will run thoroughly and can fulfill the expected implementation standard in Kurikulum 2013. This lesson plans development used 4-D model consiting of four phases: define, design, development, disseminate. However, this research was only until the development stage. The research shows the validation value of 0,912 of lesson plans design from experts and practitioners is categorized as very good and suitable for use, while the implementation of the lesson plans with the mean score of 87,32 is categorized good and suitable for use, and teacher’s perception on thematic integrative is categorized as good with the mean score of 83,64keyword : Kurikulum 2013, lesson plan, scientific approach, thematic integrative