Studi Pengembangan Penyusunan RPP Tema Peristiwa Dalam Kehidupan di Kelas V Pada Pembelajaran Tematik Terpadu Berorientasi Pendekatan Saintifik Dalam Rangka Implementasi Kurikulum 2013
Main Authors: | ., NI PUTU MILAYANI, ., PROF. DR. A.A.ISTRI NGR.MARHAENI,M.A., ., PROF. DR. NYOMAN DANTES |
---|---|
Format: | Article info eJournal |
Terbitan: |
Jurnal Pendidikan Dasar
, 2015
|
Online Access: |
http://pasca.undiksha.ac.id/e-journal/index.php/jurnal_pendas/article/view/1673 |
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan produk RPP tema Peristiwa dalam Kehidupan di kelas V dilakukan sebagai upaya mengatasi permasalahan kurangnya kemampuan guru menyusun RPP yang berorientasi pada pendekatan saintifik dalam rangka implementasi kurikulum 2013. Pengembangan RPP ini difokuskan pada satu tema yaitu tema Peristiwa dalam Kehidupan di kelas V semester 1. Penelitian ini menghasilkan suatu produk RPP yang sesuai dengan kompenen-kompenen RPP yang tertuang dalam Permendikbud No. 81 A tahun 2013 lampiran IV tentang Implementasi Kurikulum Pedoman Pembelajaran. Pengembangan RPP ini menggunakan model 4-D yang terdiri dari 4 tahap utama yaitu: define, design, development, dessiminate. Pengembangan RPP dimulai dari tahap define, design, dan hingga tahap development. Rancangan awal perangkat yang dihasilkan selanjutnya divalidasi oleh ahli dan praktisi kemudian dilakukan uji terbatas di 9 sekolah dasar Kecamatan Buleleng. Metode penelitian dilakukan dengan analisis deskriptif dengan menggunakan parameter validitas, kualitas rancangan produk RPP dan persepsi guru terhadap pembelajaran tematik terpadu. Hasil penelitian ini yakni: Pertama, validasi ahli dan praktisi produk RPP termasuk kategori sangat baik dan layak digunakan. Kedua, keterlaksanaan RPP termasuk kategori baik. Ketiga, tingkat persepsi guru terhadap pembelajaran tematik terpadu dengan kategori baik.Kata Kunci : kurikulum 2013, pembelajaran tematik terpadu, pendekatan saintifik, dan RPP. This research aims at developing lesson plans product of Life Events theme for fourth grade students to overcome the problem of low quality of teachers in developing lesson plans with the orientation of scientific approach in order to implement Curriculum 2013. This lesson plans development focuses on one theme, that is, Life Events for first semester fifth grade students. This research produced lesson plans which are relevant with lesson plans component in The Minister of Education and Culture Official Regulation No. 81A, 2013 Appendix IV about Curriculum Implementation Guidelines for Learning Instruction (The Ministry of Education and Culture, 2013:38). This lesson plans development used 4-D model consiting of four phases: define, design, develop, disseminate. The development of the lesson plans started from define and design stage, until develop stage. The resulting initial lesson plans draft was validated by experts and practitioners, then tested with a limited scope in 9 elementary schools in Buleleng subdistrict. The research method was descriptive analysis using validity parameters, quality of lesson plans product, and teacher perceptions of the thematic integrative learning. The research shows: first, quality of lesson plans is categorized as very good. Second, quality the implementation of the lesson plans is categorized good. Third, the teacher’s perception on thematic integrative is categorized as good.keyword : Curriculum 2013, thematic integrative, scientific approach, lesson plan.