PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN RESOLUSI KONFLIK TERHADAP KREATIVITAS DAN HASIL BELAJAR IPS SISWA KELAS 3 SD JEMBATAN BUDAYA

Main Authors: ., KOMANG YUDI AGUSTIANA, ., PROF DR. I WAYAN LASMAWAN,M.PD, ., PROF. DR. NYOMAN DANTES
Format: Article info eJournal
Terbitan: Jurnal Pendidikan Dasar , 2015
Online Access: http://pasca.undiksha.ac.id/e-journal/index.php/jurnal_pendas/article/view/1663
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran resolusi konflik terhadap kreativitas dan hasil belajar IPS siswa kelas 3 SD Jembatan Budaya. Populasi dalam penelitian ini 131 orang siswa. Sedangkan sampel penelitiannya sebanyak 46 orang siswa. Data kemampuan kreativitas siswa dikumpulkan dengan metode kuesioner dan data hasil belajar IPS dikumpulkan dengan tes pilihan ganda. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah Manova. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan didapatkan hasil bahwa: 1) terdapat perbedaan yang signifikan kreativitas siswa kelas 3 SD Jembatan Budaya pada pelajaran IPS antara siswa yang mengikuti model pembelajaran resolusi konflik dengan siswa yang mengikuti model pembelajaran konvensional, 2) terdapat perbedaan yang signifikan Hasil Belajar siswa kelas 3 SD Jembatan Budaya pada pelajaran IPS antara siswa yang mengikuti model pembelajaran resolusi konflik dengan siswa yang mengikuti model pembelajaran konvensional, 3) terdapat perbedaan yang signifikan kreativitas dan hasil belajar siswa kelas 3 SD Jembatan Budaya pada pelajaran IPS antara siswa yang mengikuti model pembelajaran resolusi konflik dengan siswa yang mengikuti model pembelajaran konvensional.Kata Kunci : model pembelajaran resolusi konflik, kreativitas, hasil belajar IPS This research aims at investigating the effect of conflict resolution learning model on creativity and social science outcomes of the student of grade 3 SD Jembatan Budaya. The population of this research were 131 students and the number of the sample were 46 students. The data of students’ creativity were collected using questionnaire method and the data of social science outcomes were collected using multiple-choice test. The data were analyzed using Manova. The result of the research shows that: 1) there are significant differences creativity on social science learning between the students following conflict resolution learning model with the students following conventional learning model, 2) there are significant differences social science outcomes on social science learning between the students following conflict resolution learning model with the students following conventional learning model, 3) simultaneously, there are significant differences creativity and social science outcomes between the students following conflict resolution learning model with the students following conventional learning model.keyword : conflict resolution learning model, creativity, social science outcomes.