STUDI PENGEMBANGAN PENYUSUNAN RPP TEMA BERBAGAI PEKERJAAN PADA PEMBELAJARAN TEMATIK TERPADU BERORIENTASI PENDEKATAN SAINTIFIK DALAM IMPLEMENTASI KURIKULUM 2013 DI SD
Main Authors: | ., MADE SUCI MARIATINI, ., PROF. DR. NYOMAN DANTES, ., PROF DR. I WAYAN LASMAWAN,M.PD |
---|---|
Format: | Article info eJournal |
Terbitan: |
Jurnal Pendidikan Dasar
, 2015
|
Online Access: |
http://pasca.undiksha.ac.id/e-journal/index.php/jurnal_pendas/article/view/1652 |
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk mengahasilkan suatu produk RPP yang sesuai dengan kompenen-kompenen RPP yang tertuang dalam Permendikbud No. 81 A tahun 2013 lampiran IV tentang Implementasi Kurikulum Pedoman Pembelajaran. Pengembangan RPP tema Berbagai Pekerjaan di kelas IV ini menggunakan model 4-D yang terdiri dari 4 tahap utama yaitu: define, design, development, dessiminate. Pengembangan RPP hanya dilakukan pada tahap development. Rancangan awal perangkat yang dihasilkan disebut draf 1, divalidasi oleh ahli dan praktisi kemudian dianalisis dan direvisi dihasilkan perangkat yang disebut draf 2, selanjutnya draf 2 dilakukan uji lapangan terbatas di 9 sekolah dasar Kecamatan Sukasada, Kabupaten Buleleng. Metode penelitian dilakukan dengan analisis deskriptif dengan menggunakan parameter validitas, kualitas rancangan produk RPP dan persepsi guru terhadap pembelajaran tematik terpadu. Hasil diperoleh bahwa hasil validasi ahli dan praktisi rancangan RPP tema Berbagai Pekerjaan di kelas IV capaiannya 0, 907 maka rencana pelaksanaan pembelajaran berkategori sangat baik dan layak digunakan, sedangkan keterlaksanaan RPP dengan nilai rata-rata 88,47 yang termasuk kategori 3/baik, sehingga layak digunakan dalam pembelajaran, dan tingkat persepsi guru terhadap pembelajaran tematik terpadu meliliki kategori baik dengan nilai rata-rata skor 83,73Kata Kunci : Kurikulum 2013, pembelajaran tematik terpadu, pendekatan saintifik, RPP This development research aims to produce lesson plans product which is in line with lesson plan components in accordance with Permendikbud No. 81A tahun 2013 lampiran IV about Curriculum Implementation Guidelines for Learning Instruction. This lesson plans development with the theme of Berbagai Pekerjaan (variety of occupation) used 4-D model consiting of four phases: define, design, development, disseminate. The development was carried on only until the stage of development. The resulting initial lesson plans draft was called Draft 1. They were validated by experts and practitioners then analyzed, and the resulting revised draft was called Draft 2. Draft 2 were tested with a limited scope in 9 elementary schools in Sukasada subdistrict of Buleleng regency. The research method was descriptive analysis with validity parameters, quality of lesson plans product, and teacher perceptions of the thematic integrative learning. The research shows that the validation value of 0.907 of lesson plans design from experts and practitioners is categorized as very good and suitable to use, while implementation of the lesson plans with the mean score of 88.47 is categorized 3/good and, and teacher’s perception on thematic integrative is categorized as good with the mean score of 83.73keyword : Kurikulum 2013, lesson plan, scientific approach, thematic integrative