PENGARUH PENERAPAN PENDEKATAN MATEMATIKA REALISTIK TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA DENGAN KOVARIABEL DISIPLIN BELAJAR PADA SISWA KELAS VI SD NEGERI 3 BURUAN KECAMATAN BLAHBATUH KABUPATEN GIANYAR

Main Authors: ., LUH MADE MERIAWATI, ., PROF. DR. A.A.ISTRI NGR.MARHAENI,M.A., ., PROF.DR. I MADE CANDIASA, MI.Komp.
Format: Article info eJournal
Terbitan: Jurnal Pendidikan Dasar , 2015
Online Access: http://pasca.undiksha.ac.id/e-journal/index.php/jurnal_pendas/article/view/1645
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan pendekatan matematika realistik terhadap prestasi belajar Matematika dengan kovariabel disiplin belajar pada siswa kelas VI SD Negeri 3 Buruan. Populasi dan sampel dalam penelitian ini sebanyak 44 orang siswa. Data disiplin belajar dikumpulkan dengan metode kuesioner dan data prestasi belajar matematika dikumpulkan dengan tes pilihan ganda. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah Anakova. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan didapatkan hasil bahwa: 1) terdapat perbedaan yang signifikan prestasi belajar matematika antara siswa yang mengikuti pelajaran dengan pendekatan matematika realistik dengan siswa yang mengikuti pendekatan pembelajaran konvensional pada siswa kelas VI SD Negeri 3 Buruan, 2) dengan pengendalian kovariabel disiplin belajar, terdapat perbedaan yang signifikan prestasi belajar antara siswa yang mengikuti pembelajaran dengan pendekatan matematika realistik dengan siswa yang mengikuti pendekatan pembelajaran konvensional pada siswa kelas VI SD Negeri 3 Buruan, 3) terdapat kontribusi yang signifikan kovariabel disiplin belajar terhadap prestasi belajar matematika siswa kelas VI SD Negeri 3 Buruan.Kata Kunci : pendekatan matematika realistik, disiplin belajar, prestasi belajar matematika. This research aims at investigating the effect of implementation of realistic mathematics approach on mathematics learning achievement with learning discipline covariates of the student of grade VI SD Negeri 3 Buruan. The population and the sample of this research were 44 students. The data of students learning discipline were collected using questionnaire and the data mathematics learning achievement were collected using multiple-choice test. The data were analyzed using Anacova. The result of the research shows that: 1) there are significant differences mathematics learning achievement between the students following realistic mathematics approach with the students following conventional learning approach, 2) with learning discipline covariates controlled, there are significant differences mathematics learning achievement between the students following realistic mathematics approach with the students following conventional learning approach, 3) there is a significant contibution learning discipline covariates toward mathematics learning achievement of the student of grade VI SD Negeri 3 Buruan.keyword : learning discipline, mathematics learning achievement, realistic mathematics approach