PENGARUH PENERAPAN PENDEKATAN MATEMATIKA REALISTIK TERHADAP MINAT BELAJAR DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VI DI GUGUS IV BLAHBATUH

Main Authors: ., GUSTI AYU KUSUMAWATI, ., PROF. DR. NYOMAN DANTES, ., PROF.DR. I MADE CANDIASA, MI.Komp.
Format: Article info eJournal
Terbitan: Jurnal Pendidikan Dasar , 2015
Online Access: http://pasca.undiksha.ac.id/e-journal/index.php/jurnal_pendas/article/view/1642
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan pendekatan matematika realistik minat belajar dan hasil belajar metematika pada siswa kelas VI SD. Rancangan yang digunakan dalam penelitian ini adalah The Posttest Only Control Group Design. Sampel penelitian berjumlah 78 siswa. Data minat belajar siswa dikumpulkan dengan kuesioner dan data hasil belajar matematika dikumpulkan dengan tes objektif. Data dianalisis dengan menggunakan MANOVA berbantuan SPSS 17.00 for windows. Hasil Penelitian menunjukkan bahwa: 1) minat belajar siswa yang mengikuti pendekatan matematika realistik secara signifikan lebih baik daripada siswa yang mengikuti pembelajaran dengan pembelajaran konvensional, 2) hasil belajar matematika siswa yang mengikuti pendekatan matematika realistik secara signifikan lebih baik daripada siswa yang mengikuti pembelajaran dengan pembelajaran konvensional, 3) secara simultan, minat belajar dan hasil belajar metematika antara siswa yang mengikuti pendekatan matematika realistik secara signifikan lebih baik daripada siswa yang mengikuti pembelajaran konvensional.Kata Kunci : pendekatan matematika realistik, minat belajar, hasil belajar matematika This research aims at investigating the effect of implementation realistic mathematics approach on learning interest and mathematics learning outcomes of students grade VI SD. The design of this research is The Posttest Only Control Group Design. The number of the sample were 78 students. The data of students’ learning interest were collected using questionnaire and the data of mathematics learning outcomes were collected using multiple-choice test. The data were analyzed using MANOVA with the assistance of SPSS 17.00 for Windows. The result of the research shows that: 1) the learning interest of students following implementation realistic mathematics approach is better than those following conventional learning model, 2) the mathematics learning outcomes of students following implementation realistic mathematics approach is better than those following conventional learning model, 3) simultaneously, the learning interest and mathematics learning outcomes of students following implementation realistic mathematics approach is better than those following conventional learning model. keyword : learning interest, mathematics learning outcomes, realistic mathematics approach.