PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN RESOLUSI KONFLIK BERMUATAN MULTIKULTUR TERHADAP HASIL BELAJAR PPKN SISWA KELAS VII SMPN 8 DENPASAR DITINJAU DARI SIKAP SOSIAL

Main Authors: ., I GUSTI NGURAH SANTIKA, ., PROF DR. I WAYAN LASMAWAN,M.PD, ., Dr. I NYOMAN JAMPEL, M.Pd.
Format: Article info eJournal
Terbitan: Jurnal Pendidikan Dasar , 2015
Online Access: http://pasca.undiksha.ac.id/e-journal/index.php/jurnal_pendas/article/view/1640
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran resolusi konflik bermuatan multikultur terhadap hasil belajar PPKn siswa kelas VII SMPN 8 Denpasar ditinjau dari sikap sosial. Populasi dalam penelitian ini 242 orang siswa. Sedangkan sampel penelitiannya sebanyak 92 orang siswa. Data sikap sosial dikumpulkan dengan metode kuesioner dan data hasil belajar PPKn dikumpulkan dengan tes objektif. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah Anava Dua Jalur dan uji Tukey. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan didapatkan hasil bahwa: (1) terdapat perbedaan yang signifikan pada hasil belajar PPKn antara siswa yang mengikuti model pembelajaran resolusi konflik bermuatan multikultur lebih tinggi daripada siswa yang mengikuti model pembelajaran konvensional, (2) terdapat pengaruh interaksi antara model pembelajaran resolusi konflik bermuatan multikultur dengan sikap sosial terhadap hasil belajar PPKn, (3) terdapat perbedaan signifikan terhadap hasil belajar PPKn antara siswa yang mengikuti model pembelajaran resolusi konflik bermuatan multikultur dengan siswa yang mengikuti model pembelajaran konvensional pada siswa yang mempunyai sikap sosial tinggi, (4) terdapat perbedaan signifikan terhadap hasil belajar PPKn antara siswa yang mengikuti model pembelajaran resolusi konflik bermuatan multikultur dengan siswa yang mengikuti model pembelajaran konvensional pada siswa yang mempunyai sikap sosial rendah.Kata Kunci : hasil belajar PPKn, model pembelajaran resolusi konflik bermuatan multikultur, sikap sosial. This research aims at investigating the effect of multicultural assisted resolusi conflict learning model on civic outcomes in terms of social attitudes of the student of grade VII of SMP 8 Denpasar . The population of this research was 242 students and the number of the sample were 92 students. The data of students’ social attitudes were collected using questionnaire method and the data of civic outcomes were collected using multiple-choice test. The data were analyzed using Anava two-way and Tukey test. The result of the research shows that: 1) there are significant differences civic outcomes between the students following multicultural assisted resolusi conflict learning model with the students following conventional learning model, 2) there are significant interaction multicultural assisted resolusi conflict learning model with social attitudes on civic outcomes, 3) there are significant differences civic outcomes between the students following multicultural assisted resolusi conflict learning model with the students following conventional learning model at the students has high social attitudes, 4) there are significant differences civic outcomes between the students following multicultural assisted resolusi conflict learning model with the students following conventional learning model at the students has low social attitudes.keyword : civic outcomes, multicultural assisted resolusi conflict learning model, social attitudes.