PENGARUH PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL BERBANTUAN MEDIA LINGKUNGAN TERHADAP SIKAP SOSIAL DAN PRESTASI BELAJAR PKn SISWA KELAS VI

Main Authors: ., NI MADE DARMAWATHI, ., PROF DR. I WAYAN LASMAWAN,M.PD, ., PROF. DR. NYOMAN DANTES
Format: Article info eJournal
Terbitan: Jurnal Pendidikan Dasar , 2015
Online Access: http://pasca.undiksha.ac.id/e-journal/index.php/jurnal_pendas/article/view/1639
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pembelajaran kontekstual berbantuan media lingkungan terhadap sikap sosial dan prestasi belajar PKn siswa kelas VI . Rancangan penelitian ini adalah The Posttest Only Control Group. Sampel penelitian berjumlah 62 siswa. Data yang dikumpulkan adalah data sikap sosial dan prestasi belajar PKn. Data dianalisis dengan menggunakan MANOVA berbantuan SPSS 17.00 for windows. Hasil Penelitian menunjukkan bahwa: 1) sikap sosial siswa yang mengikuti pembelajaran kontekstual berbantuan media lingkungan secara signifikan lebih baik daripada siswa yang mengikuti pembelajaran dengan pembelajaran konvensional, 2) prestasi belajar PKn siswa yang mengikuti pembelajaran kontekstual berbantuan media lingkungan secara signifikan lebih baik daripada siswa yang mengikuti pembelajaran dengan pembelajaran konvensional, 3) secara simultan sikap sosial dan prestasi belajar PKn antara siswa yang mengikuti pembelajaran kontekstual berbantuan media lingkungan secara signifikan lebih baik daripada siswa yang mengikuti pembelajaran konvensional.Kata Kunci : pembelajaran kontekstual berbantuan media lingkungan, prestasi belajar PKn, sikap sosial This research aims at investigating the effect of media environment assisted contextual learning on social attitudes and PKn learning achievement of the strudents grade VI. The design of this research is The Posttest Only Control Group Design. The number of the sample were 62 students. The data of students’ social attitudes were collected using questionnaire and the data of PKn learning achievement were collected using multiple-choice test. The data were analyzed using MANOVA with the assistance of SPSS 17.00 for Windows. The result of the research shows that: 1) the social attitudes of students following media environment assisted contextual learning is better than those following conventional learning model, 2) the PKn learning achievement of students following media environment assisted contextual learning is better than those following conventional learning model, 3) simultaneously, the social attitudes and PKn learning achievement of students following media environment assisted contextual learning is better than those following conventional learning model.keyword : media environment assisted contextual learning, PKn learning achievement, social attitudes.