PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH TERHADAP MOTIVASI BELAJAR DAN HASIL BELAJAR IPS SISWA KELAS VI SD NO.2 KEROBOKAN KELOD KECAMATAN KUTA UTARA KABUPATEN BADUNG TAHUN PELAJARAN 2014/1015

Main Authors: ., LULUK WILUJENG, ., PROF. DR. NYOMAN DANTES, ., PROF DR. I WAYAN LASMAWAN,M.PD
Format: Article info eJournal
Terbitan: Jurnal Pendidikan Dasar , 2015
Online Access: http://pasca.undiksha.ac.id/e-journal/index.php/jurnal_pendas/article/view/1638
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis perbedaan motivasi belajar dan hasil belajar IPS antara siswa yang mengikuti model pembelajaran berbasis masalah dengan siswa yang mengikuti pembelajaran konvensional. Populasi penelitian ini yaitu seluruh siswa kelas VI SD 2 Kerobokan Kelod tahun pelajaran 2014/2015 sebanyak 60 siswa. Teknik sampling yang digunakan adalah random sampling dengan jumlah sampel sebanyak 60 siswa. Data motivasi belajar dikumpulkan menggunakan kuesioner dan hasil belajar IPS di kumpulkan melalui tes. Data dianalisis dengan menggunakan statistik deskriptif dan MANOVA. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) terdapat perbedaan motivasi belajar antara siswa yang mengikuti model pembelajaran berbasis masalah dengan siswa yang mengikuti pembelajaran konvensional dimana harga F 19.624 < 0.05, 2) terdapat perbedaan hasil belajar IPS antara siswa yang mengikuti model pembelajaran berbasis masalah dengan siswa yang mengikuti pembelajaran konvensional dimana hasil uji multivariate test menghasilkan harga F 32.211 < 0.05, 3) terdapat perbedaan motivasi belajar dan hasil belajar IPS secara simultan antara siswa yang mengikuti model pembelajaran berbasis masalah dengan siswa yang mengikuti pembelajaran konvensional dimana uji manova menghasilkan harga F 28.08 < 0.05Kata Kunci : Hasil Belajar IPS, Model Pembelajaran Berbasis Masalah, Motivasi Belajar The research aims to analyze the difference of learning motivation and social studies learning achievement between students who followed problem base learning model and students who followed conventional learning model. The Populations in this research were all sixth grade school No.2 Kerobokan Kelod academic year 2014/2015 amount of 60 students. Sampling technique used was random sampling with a sample amount of 60 students. The data of learning motivation were collected using questionnaire and Social Studies Learning Achievement were collected using test. The data were analyzed by using descriptive statistic and MANOVA. The research result shows that: 1) there is difference of learning motivation between students who followed problem base learning model and students who followed conventional learning model in which the value of F count 19.624 < 0.05, 2) there is difference of social studies learning achievement between students who followed problem base learning model and students who followed conventional learning model in which multivariate test result produces value of F count 32.211< 0.05, 3) there is a difference of learning motivation and social studies learning achievement simultaneously between students who followed problem base learning model and students who followed conventional learning model in which MANOVA test on significant level F count 28.08 produces value p < 0.05keyword : Social Studies Learning Achievement, Problem Base Learning Model, Learning Motivation