PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF BERBASIS KELOMPOK KEMAMPUAN (ACHIEVEMENT GROUPING) TERHADAP SIKAP SOSIAL DAN HASIL BELAJAR PKN SISWA KELAS VI SD NO 1 JIMBARAN

Main Authors: ., JUNAENI, ., PROF DR. I WAYAN LASMAWAN,M.PD, ., Dr. I NYOMAN JAMPEL, M.Pd.
Format: Article info eJournal
Terbitan: Jurnal Pendidikan Dasar , 2015
Online Access: http://pasca.undiksha.ac.id/e-journal/index.php/jurnal_pendas/article/view/1636
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran kooperatif berbasis kelompok kemampuan (Achievement Grouping) terhadap sikap sosial dan hasil belajar PKn siswa kelas VI SD No 1 Jimbaran. Populasi dan sampel dalam penelitian ini adalah 73 orang siswa. Data sikap sosial dikumpulkan dengan metode kuesioner dan data hasil belajar PKn dikumpulkan dengan tes objektif. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah Manova. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan didapatkan hasil bahwa: 1) terdapat perbedaan yang signifikan sikap sosial antara siswa yang mengikuti model pembelajaran kooperatif berbasis kelompok kemampuan (achievement grouping) dengan siswa yang mengikuti model pembelajaran konvensional, 2) terdapat perbedaan yang signifikan hasil belajar PKn antara siswa yang mengikuti model pembelajaran kooperatif berbasis kelompok kemampuan (achievement grouping) dengan siswa yang mengikuti model pembelajaran konvensional, dan 3) terdapat perbedaan yang signifikan sikap sosial dan hasil belajar PKn secara bersama-sama antara siswa yang mengikuti model pembelajaran kooperatif berbasis kelompok kemampuan (achievement grouping) dengan siswa yang mengikuti model pembelajaran konvensional.Kata Kunci : hasil belajar PKn, model pembelajaran kooperatif berbasis kelompok kemampuan (Achievement Grouping), sikap sosial. This research aims at investigating the effect of achievement grouping assisted cooperatif learning model on social attitudes and civic outcomes of sixth grade elementary students of SD No. 1 Jimbaran. The population and the sample of this research was 73 students. The data of social attitudes were collected by using questionnaire and the data of civic outcomes were collected by using multiple choice test. The data were analyzed by using Manova. The result of the research shows that: 1) there is a significant difference of social attitudes between students following achievement grouping assisted cooperatif learning model and those following conventional learning model, 2) there is a significant difference of civic outcomes between students following achievement grouping assisted cooperatif learning model and those following conventional learning model, 3) simultaneously, there is a significant difference of social attitudes and civic outcomes between students following achievement grouping assisted cooperatif learning model and those following conventional learning model.keyword : civic outcomes, achievement grouping assisted cooperatif learning model, social attitudes.