PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING BERBANTUAN LKS TERHADAP MOTIVASI BELAJAR DAN PENGUASAAN KONSEP IPA PADA SISWA KELAS VI SD NO. 6 TUBAN

Main Authors: ., NI PUTU SURIANI, ., PROF. DR. A.A.ISTRI NGR.MARHAENI,M.A., ., PROF. DR. I B. PUTU ARNYANA, M.Si.
Format: Article info eJournal
Terbitan: Jurnal Pendidikan Dasar , 2015
Online Access: http://pasca.undiksha.ac.id/e-journal/index.php/jurnal_pendas/article/view/1635
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan model pembelajaran inkuiri terbimbing berbantuan LKS terhadap motivasi belajar dan penguasaan konsep IPA pada siswa kelas VI SD No. 6 Tuban. Populasi dan sampel dalam penelitian ini sebanyak 68 orang siswa. Data motivasi belajar dikumpulkan dengan metode kuesioner dan data penguasaan konsep IPA dikumpulkan dengan tes pilihan ganda. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah Manova. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan didapatkan hasil bahwa: 1) terdapat perbedaan yang signifikan motivasi belajar IPA antara siswa yang mengikuti model pembelajaran inkuiri terbimbing berbantuan LKS dengan model pembelajaran langsung, 2) terdapat perbedaan yang signifikan penguasaan konsep IPA antara siswa yang belajar dengan model pembelajaran inkuiri terbimbing berbantuan LKS dan kelompok siswa yang dibelajarkan dengan model pembelajaran langsung, 3) secara simultan, terdapat perbedaan yang signifikan motivasi belajar dan penguasaan konsep IPA antara kelompok siswa yang belajar dengan model pembelajaran inkuiri terbimbing berbantuan LKS dan model pembelajaran langsung.Kata Kunci : model pembelajaran inkuiri terbimbing berbantuan LKS, motivasi belajar, penguasaan konsep IPA. This research aims at investigating the effect of student’s worksheet assisted inquiry learning model and direct instructional on learning motivation and natural science concept mastery of sixth grade elementary students of SD No. 6 Tuban. The population and the sample of this research was 68 students. The data of learning motivation were collected by using questionnaire and the data of natural science concept mastery were collected by using multiple choice test. The data were analyzed by using Manova. The result of the research shows that: 1) there is difference of learning motivation between students following student’s worksheet-based inquiry learning model and those following conventional learning approach, 2) there is difference of natural science concept mastery between students following student’s worksheet-based inquiry learning model and those following conventional learning approach, 3) simultaneously, there is difference of learning motivation and natural science concept mastery between students following student’s worksheet-based inquiry learning model and those following conventional learning approach.keyword : learning motivation, natural science concept mastery, student’s worksheet assisted inquiry learning model