PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TEKNIK STAD TERHADAP HASIL BELAJAR MENULIS PADA SISWA KELAS VI SD GUGUS I KECAMATAN KUTA UTARA DITINJAU DARI MOTIVASI BELAJAR SISWA

Main Authors: ., SRI SUMARNI, ., PROF. DR. NYOMAN DANTES, ., Dr. I NYOMAN JAMPEL, M.Pd.
Format: Article info eJournal
Terbitan: Jurnal Pendidikan Dasar , 2015
Online Access: http://pasca.undiksha.ac.id/e-journal/index.php/jurnal_pendas/article/view/1634
Daftar Isi:
  • Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh penerapan model pembelajaran kooperatif teknik STAD terhadap hasil belajar menulis pada siswa kelas VI SD Gugus I Kecamatan Kuta Utara ditinjau dari motivasi belajar siswa. Penelitian ini adalah penelitian eksperimen dengan menggunakan rancangan faktorial 2 x 2. Populasi berjumlah 835 orang siswa dan sampel berjumlah 54 orang siswa. Data motivasi belajar dikumpulkan dengan kuesioner dan data hasil belajar menulis ringkasan dikumpulkan dengan tes. Data dianalisis dengan uji Anava Dua Jalur (Anava AB) dan uji Tukey. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) terdapat perbedaan hasil belajar menulis siswa yang mengikuti model pembelajaran kooperatif teknik STAD dengan siswa yang mengikuti model pembelajaran konvensional, 2) terdapat pengaruh interaksi antara model pembelajaran dan motivasi belajar siswa terhadap hasil belajar menulis, 3) pada siswa yang memiliki motivasi belajar tinggi, hasil belajar menulis siswa yang mengikuti model pembelajaran kooperatif teknik STAD lebih tinggi daripada siswa yang mengikuti model pembelajaran konvensional, 4) pada siswa yang memiliki motivasi belajar rendah, hasil belajar menulis siswa yang mengikuti model pembelajaran konvensional lebih tinggi daripada siswa yang mengikuti model pembelajaran kooperatif teknik STAD. Kata Kunci : Model Pembelajaran Kooperatif Teknik STAD, Hasil Belajar Menulis, Motivasi Belajar. This thesis aims at investigating the effect of cooperative learning model type STAD on writing learning achievement of sixth grade students of Cluster I elementary schools, North Kuta Subdistric viewed from learning motivation. It was an experimental research using 2x2 factorial design. The population was 835 students with the sample of 54 students. The data of learning motivation were collected by using questionnaire and the data of summary writing learning achievement were collected by using test. The data were analyzed by using two-way anova and Tukey test. The results show that: 1) there is a difference in writing achievement between students following cooperative learning model type STAD and those following conventional learning model, 2) there is a interactional effect between learning model and learning motivation on writing achievement, 3) for those with high learning motivation, the writing achievement of students following cooperative learning model type STAD is higher than those following conventional learning model, and 4) for those with low learning motivation, the writing achievement of students following conventional learning model is higher than those following cooperative learning model type STAD.keyword : cooperative learning model type STAD, writing learning achievement, learning motivation