Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share (TPS) terhadap Hasil Belajar IPS dengan Kovariabel Motivasi Belajar Siswa Kelas VI di SD No 1 Tuban Kecamatan Kuta Kabupaten Badung Tahun Pelajaran 2014/2015

Main Authors: ., MINARSIH, ., PROF DR. I WAYAN LASMAWAN,M.PD, ., PROF. DR. A.A.ISTRI NGR.MARHAENI,M.A.
Format: Article info eJournal
Terbitan: Jurnal Pendidikan Dasar , 2015
Online Access: http://pasca.undiksha.ac.id/e-journal/index.php/jurnal_pendas/article/view/1622
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share (TPS) terhadap hasil belajar IPS dengan kovariabel motivasi belajar siswa kelas VI di SD No 1 Tuban Kecamatan Kuta Kabupaten Badung tahun pelajaran 2014/2015. Penelitian ini tergolong sebagai penelitian eksperimen dengan rancangan posttest-only control group. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VI di SD No 1 Tuban Tahun Pelajaran 2014/2015 yang berjumlah 60 orang. Penentuan sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik random sampling sejumlah 60 orang siswa. Data dianalisis dengan menggunakan ANAKOVA. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) terdapat perbedaan hasil belajar IPS antara kelompok siswa yang mengikuti model pembelajaran kooperatif tipe TPS dengan kelompok siswa yang mengikuti model pembelajaran konvensional pada siswa kelas VI di SD No 1 Tuban, (2) terdapat perbedaan hasil belajar IPS antara kelompok siswa yang mengikuti model pembelajaran kooperatif tipe TPS dengan kelompok siswa yang mengikuti model pembelajaran konvensional setelah motivasi belajar dikendalikan pada siswa kelas VI di SD No 1 Tuban, dan (3) terdapat kontribusi motivasi belajar terhadap hasil belajar IPS pada siswa kelas VI di SD No 1 Tuban.Kata Kunci : hasil belajar IPS, model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share (TPS), motivasi belajar This research aims to investigate the effect of Think Pair Share (TPS) cooperative learning model towards social study learning with covariable of learning motivation of sixth grade students of elementary school No. 1 Tuban, sub-district Kuta, Badung regency in academic year 2014/2015. This is an experimental research using posttest-only control group design. Population in this research was the entire sixth grade elementary students SD No. 1 Tuban academic years 2013/2015 which were 60 students. All students were used as the sample. Data were analyzed using ANACOVA. Results of analysis show that: First, there was a difference in social study learning result between students who followed TPS cooperative learning model with students who followed conventional learning model. Second, there was a difference in social study learning result between students who followed TPS cooperative learning model with students who followed conventional learning model after learning motivation was controlled. Third, there was a contribution of learning motivation towards social study learning result.keyword : learning motivation, social study learning result, Think Pair Share (TPS) cooperative learning model