Pengaruh Model Pembelajaran ASSURE Terhadap Hasil Belajar IPS ditinjau dari Disiplin Belajar Siswa Kelas VI SD Gugus 3 Kecamatan Kuta Utara
Main Authors: | ., NI WAYAN CANDRA ASMINI, ., PROF DR. I WAYAN LASMAWAN,M.PD, ., PROF. DR. NYOMAN DANTES |
---|---|
Format: | Article info eJournal |
Terbitan: |
Jurnal Pendidikan Dasar
, 2015
|
Online Access: |
http://pasca.undiksha.ac.id/e-journal/index.php/jurnal_pendas/article/view/1621 |
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dan mendeskripsikan perbedaan hasil belajar IPS siswa yang mengikuti model pembelajaran ASSURE dan siswa yang mengikuti model pembelajaran konvensional ditinjau dari disiplin belajar. Penelitian ini merupakan penelitian elsperimen semu dengan rancangan the non-equivalent postest only control group design. Penelitian ini dilaksanakan pada siswa kelas VI SD Gugus 3 Kecamatan Kuta Utara Kabupaten Badung Tahun Pelajaran 2014/ 2015 dengan jumlah sampel sebanyak 183 orang. Data dikumpulkan dengan menggunakan tes hasil belajar IPA dan tes sikap ilmiah, kemudian dianalisis menggunakan analisis varians dua jalan. Dalam penelitian ini ditemukan: (1) terdapat perbedaan hasil belajar IPS antara siswa yang mengikuti model pembelajaran ASSURE dengan siswa yang mengikuti model pembelajaran konvensional, (2) terdapat pengaruh interaksi antara model pembelajaran yang digunakan dan disiplin belajar yang dimiliki siswa terhadap hasil belajar IPS, (3) terdapat perbedaan hasil belajar IPS antara siswa yang mengikuti model pembelajaran ASSURE dengan siswa yang mengikuti model pembelajaran konvensional untuk siswa yang memiliki disiplin belajar tinggi, dan (4) terdapat perbedaan hasil belajar IPS antara siswa yang mengikuti model pembelajaran ASSURE dengan siswa yang mengikuti model pembelajaran konvensional untuk siswa yang memiliki disiplin belajar rendahKata Kunci : Disiplin Belajar, Hasil Belajar IPS, Model Pembelajaran ASSURE This study aims to analyze and describe the differences in learning outcomes of students who follow the IPS ASSURE model of learning and students who follow the conventional learning model in terms of the discipline of learning. This study is a quasi elsperimen with the non-equivalent design posttest only control group design. The research was conducted on six graders Cluster 3 District of North Kuta Badung Regency academic year 2014/2015 with a total sample of 183 people. Data were collected by using test results to learn science and scientific attitude test, then analyzed using two-way analysis of variance. In this study found: (1) there are differences in learning outcomes between students who take the social studies learning model ASSURE with students who take the conventional learning model, (2) there is an interaction effect between learning model used and the discipline of the students learning the results of social studies, (3) there are differences in learning outcomes between students who take the social studies learning model ASSURE with students who take the conventional learning model for students who have high academic discipline, and (4) there are differences in learning outcomes between students who take the social studies learning model ASSURE with students who take conventional learning model for students who have a low learning disciplinekeyword : Discipline Learning, Social Learning Outcomes, Learning Model ASSURE