IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA PEMAHAMAN DAN KREATIVITAS SISWA KELAS IVD SD MUHAMMADIYAH 2 DENPASAR
Main Authors: | ., ENDANG MARGININGSIH, ., PROF. DR. A.A.ISTRI NGR.MARHAENI,M.A., ., PROF. DR. I MADE SUTAMA, M.Pd. |
---|---|
Format: | Article info eJournal |
Terbitan: |
Jurnal Pendidikan Dasar
, 2014
|
Online Access: |
http://pasca.undiksha.ac.id/e-journal/index.php/jurnal_pendas/article/view/1619 |
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dan mendeskripsikan peningkatan kemampuan membaca pemahaman dan kreativitas siswa melalui implementasi model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw. Subyek penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV SD Muhammadiyah 2 Denpasar sebanyak 28 orang. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dua siklus. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode tes untuk kemampuan membaca pemahaman dan kuesioner untuk kreativitas siswa. Analisis data dilakukan secara deskriptif dengan kriteria sangat tinggi untuk kemampuan membaca pemahaman dan kriteria tinggi untuk kreativitas siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa indikator ketuntasan kemampuan membaca pemahaman dan kreativitas siswa telah tercapai pada akhir siklus II. Ini berarti kegiatan pembelajaran melalui implementasi model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw secara signifikan dapat meningkatkan kemampuan membaca pemahaman dan kreativitas siswa.Kata Kunci : Kemampuan Membaca Pemahaman, Kreativitas Siswa, Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw This study aims to analyze and describe the increase of reading comprehension ability and children’s creativities through the implementation of the Jigsaw cooperative learning model. The subjects of this research were 28 children of the fourth grade students of Muhammadiyah 2nd Primary School Denpasar. This research was a classroom action research which was conducted in cycles. Data collection methods used was test for reading comprehension ability and questionare for children’s creativities. Data analysis was descriptive with the criteria of as very high for reading comprehension ability and high for children’s creativities. The study found that reading comprehension ability indicator and children’s creativities indicator were acomplished after cycle II was completed. This means that learning activities implementing the Jigsaw cooperative learning model can significantly increase the reading comprehension ability and children’s creativities.keyword : Jigsaw Cooperative Learning Model, Reading Comprehension Ability, Students Creativity