PENGARUH PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH TERHADAP MOTIVASI BELAJAR DAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VI SD GUGUS II KECAMATAN TEJAKULA TAHUN PELAJARAN 2014/2015

Main Authors: ., NI KADEK SULAMIASIH, ., PROF. DR. NYOMAN DANTES, ., PROF.DR. I MADE CANDIASA, MI.Komp.
Format: Article info application/pdf eJournal
Bahasa: eng
Terbitan: Jurnal Pendidikan Dasar , 2015
Online Access: http://pasca.undiksha.ac.id/e-journal/index.php/jurnal_pendas/article/view/1597
http://pasca.undiksha.ac.id/e-journal/index.php/jurnal_pendas/article/view/1597/1247
Daftar Isi:
  • Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui perbedaan motivasi belajar dan prestasi belajar matematika antara siswa yang mengikuti pembelajaran berbasis masalah dan siswa yang mengikuti pembelajaran konvensional. Sebanyak 81 siswa kelas VI SD Gugus II Kecanmatan Tejakula dipilih sebagai sampel. Penelitian ini menggunakan pendekatan eksperimen post test only control group design. Data motivasi belajar dikumpulkan dengan menggunakan kuesioner dan data prestasi belajar dikumpulkan dengan tes prestasi belajar bentuk pilihan ganda. Analisis data untuk uji hipotesis menggunakan MANOVA. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: pertama, terdapat perbedaan motivasi belajar yang signifikan antara siswa yang mengikuti pembelajaran berbasis masalah dan siswa yang mengikuti pembelajaran konvensional (F=133,305 dan Sig.=0,000; p