PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF BERBANTUAN TEKNIK KNOW WHAT LEARNED (KWL) TERHADAP PRESTASI BELAJAR IPS DITINJAU DARI SIKAP DEMOKRASI SISWA SD KELAS VI PADA GUGUS V KECAMATAN ABANG

Main Authors: ., I WAYAN KORIANA, ., Prof. Dr. I Wayan Lasmawan,M.Pd, ., Prof. Dr. A. A. I. Ngurah Marhaeni,MA
Format: Article info application/pdf eJournal
Bahasa: eng
Terbitan: Jurnal Pendidikan Dasar , 2015
Online Access: http://pasca.undiksha.ac.id/e-journal/index.php/jurnal_pendas/article/view/1508
http://pasca.undiksha.ac.id/e-journal/index.php/jurnal_pendas/article/view/1508/1179
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui besarnya pengaruh model pembelajaran kooperatif berbantuan teknik know what learn terhadap prestasi belajar IPS ditinjau dari sikap demokrasi siswa. Penelitian ini adalah penelitian eksperimen semu dengan rancangan The Posttest-Only Control-Group Desain. Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas VI SD Gugus V Kecamatan Abang yang berjumlah 169 siswa. Sebanyak 92 siswa dipilih sebagai sampel yang ditentukan dengan teknik group random sampling. Data sikap demokrasi dikumpulkan dengan kuesioner dan hasil belajar menggunakan tes pilihan ganda. Data dianalisis dengan menggunakan analisis Anava A-B berbantuan SPSS 17.00 for windows. Hasil Penelitian menunjukkan bahwa: Pertama, perbedaan prestasi belajar IPS antara siswa yang mengikuti pelajaran dengan model pembelajaran kooperatif berbantuan teknik KWL dan siswa yang belajar dengan model pembelajaran konvensional. Kedua, Terdapat interaksi antara penerapan model pembelajaran dan sikap demokrasi siswa terhadap prestasi belajar IPS pada siswa kelas VI SD Gugus V Kecamatan Abang. Ketiga, Hasil belajar siswa yang memiliki sikap demokrasi tinggi yang mengikuti pelajaran dengan model pembelajaran kooperatif berbantuan teknik KWL lebih baik daripada siswa yang mengikuti pelajaran dengan model konvensional. Kempat, Untuk siswa yang memiliki Sikap demokrasi rendah, tidak terdapat perbedaan prestasi belajar IPS antara siswa yang mengikuti pelajaran dengan model pembelajaran kooperatif berbantuan teknik KWL dan siswa yang mengikuti pelajaran dengan model pembelajaran konvensional pada siswa kelas VI SD Gugus V Kecamatan Abang. Kata Kunci : hasil belajar IPS, model pembelajaran kooperatif berbantuan teknik know what learn, sikap demokrasi, This research aims to investigate the effect of cooperative learning model assisted by KWL technique towards social study learning achievement viewed from student’s democratic attitude. This is a quasi-experimental research using Posttest-Only Control-Group Design. Research population were 169 sixth grade elementary school students cluster V sub-district Abang. Ninety two students were selected as research sample determined by using random sampling. Democratic attitude data were collected using questionnaire and learning result data were obtained using multiple choice test. Data were analyzed using two-way ANOVA assisted by SPSS 17.00 for windows. Research findings show that: First, there was a difference in social study learning achievement between students who followed learning using cooperative learning model assisted by KWL technique with students who followed conventional learning model. Second, there was an interaction between learning model implementation and democratic attitude toward student’s social study learning achievement. Third, students with high democratic attitude that followed learning using cooperative learning assisted by KWL technique had better social study learning achievement than those who followed learning using conventional model. Fourth, for students who had low democratic attitude, there was no difference in social study learning achievement between students who followed learning using cooperative learning model assisted by KWL technique with students who followed learning using coventional learning model.keyword : democratic attitude, know what learn (KWL) techique assisted by cooperative learning model, social study learning result