KONTRIBUSI SUPERVISI AKADEMIK, IKLIM KERJA, DAN KOMPETENSI PROFESIONAL TERHADAP KINERJA GURU DALAM MENGELOLA PROSES PEMBELAJARAN

Main Authors: ., I NYOMAN MERTA.S, ., Prof. Dr. I Wayan Lasmawan,M.Pd, ., Dr. Gede Rasben Dantes, S.T, M.TI
Format: Article info application/pdf eJournal
Bahasa: eng
Terbitan: Jurnal Pendidikan Dasar , 2015
Online Access: http://pasca.undiksha.ac.id/e-journal/index.php/jurnal_pendas/article/view/1505
http://pasca.undiksha.ac.id/e-journal/index.php/jurnal_pendas/article/view/1505/1176
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kontribusi supervisi akademik, iklim kerja, dan kompetensi professional terhadap kinerja guru dalam mengelola proses pembelajaran. Pelaksanaan penelitian ini menggunakan metode ex-post facto. Penelitian ini adalah penelitian “ex-post facto” dengan jumlah sampel 60 orang. Alat pengumpul data berupa kuesioner, analisis data dengan teknik regresi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) terdapat kontribusi yang signifikan antara supervisi akademik terhadap kinerja guru dalam mengelola proses pembelajaran. 2) terdapat kontribusi yang signifikan antara iklim kerja terhadap terhadap kinerja guru dalam mengelola proses pembelajaran. 3) terdapat kontriubusi yang signifikan antara kompetensi profesional terhadap kinerja guru dalam mengelola proses pembelajaran. 4) secara bersama-sama, terdapat kontribusi yang signifikan antara supervise akademik, iklim kerja, dan kompetensi profesional terhadap kinerja guru dalam mengelola proses pembelajaran terhadap Kinerja Guru Se-Kecamatan Abang, Kabupaten Karangasem. Kata Kunci : iklim kerja, kompetensi profesional, kinerja guru dan Supervisi Akademik. This research aims to investigate the contribution of academic supervision, work climate, and professional competency toward teacher’s performance in managing learning process. The execution of this research used ex-post facto method with 60 samples. Data were collected by questionnaires and analyzed by sing regression analysis. Results show: First, there was a contribution of academic supervision towards teacher’s performance in managing learning process. Second, there was a contribution of work climate towards teacher’s performance in managing learning process. Third, there was a contribution of professional competency towards teacher’s performance in managing learning process. Fourth, there was a simultaneous contribution of academic supervision, work climate, and professional competency toward teacher’s performance in managing learning process in sub-district Abang, Karangasem Regency.keyword : academic supervision, professional competency, teacher’s performace, work climate