PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEAD THOGETER ( NHT ) TERHADAP HASIL BELAJAR PKN DITINJAU DARI SIKAP SOSIAL PADA SISWA KELAS V DI GUGUS IV MANGGIS
Main Authors: | ., NI KOMANG YULI SETIAWATI, ., Prof. Dr. I Wayan Lasmawan,M.Pd, ., Prof. Dr. A. A. I. Ngurah Marhaeni,MA |
---|---|
Format: | Article info application/pdf eJournal |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
Jurnal Pendidikan Dasar
, 2015
|
Online Access: |
http://pasca.undiksha.ac.id/e-journal/index.php/jurnal_pendas/article/view/1496 http://pasca.undiksha.ac.id/e-journal/index.php/jurnal_pendas/article/view/1496/1167 |
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui besarnya pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe numbered head thogeter (NHT) terhadap hasil belajar PKn ditinjau dari sikap sosial. Penelitian ini adalah penelitian eksperimen semu dengan rancangan The Posttest-Only Control-Group Desain. Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas V yang berada di gugus IV kecamatan Manggis tahun pelajaran 2014/2015 yang tersebar dalam 4 sekolah yang berjumlah 123 siswa. Sebanyak 48 siswa dipilih sebagai sampel yang ditentukan dengan teknik group random sampling. Data sikap sosial dikumpulkan dengan kuesioner dan hasil belajar menggunakan tes pilihan ganda. Data dianalisis dengan menggunakan analisis Anava dua jalan berbantuan SPSS 17.00 for windows.Hasil Penelitian menunjukkan bahwa: Pertama, Terdapat perbedaan hasil belajar PKn antara siswa yang mengikuti pelajaran dengan model pembelajaran kooperatif tipe numbered head together dan siswa yang belajar dengan model pembelajaran konvensional. Kedua, Terdapat pengaruh interaksi antara model pembelajaran dengan sikap sosial terhadap hasil belajar PKn siswa kelas V gugus IV Manggis. Ketiga, Untuk siswa yang memiliki sikap sosial tinggi, ada perbedaan hasil belajar PKn antara siswa yang mengikuti pelajaran dengan model pembelajaran kooperatif tipe numbered head together dan siswa yang mengikuti pelajaran dengan model pembelajaran konvensional pada siswa kelas V gugus IV Manggis. Kempat, Untuk siswa yang memiliki sikap sosial rendah, ada perbedaan hasil belajar PKn antara siswa yang mengikuti pelajaran dengan model pembelajaran kooperatif tipe numbered head together dan siswa yang mengikuti pelajaran dengan model pembelajaran konvensional pada siswa kelas V gugus IV Manggis.Kata Kunci : Model NHT, Sikap sosial, hasil belajar This research aims to investigate the effect of numbered head together (NHT) cooperative learning model towards civic learning result viewed from social attitude. This is a quasi-experimental research using Posttest-Only Control-Group Design. Population of this research was the entire fifth grade students in Cluster IV sub-district Manggis in the academic year 2014/2015 consisting of 123 students spread in four schools. Fourty eight students were selected as sample determined by using random sampling technique. Social attitude data were collected using questionnaire and learning result data were obtained using multiple choice test. Data were analyzed using two-way ANOVA assisted by SPSS 17.00 for windows. Research results show that: First, there was a difference in civic learning result between students who learned using NHT cooperative learning model with students who learned using conventional learning model. Second, there was an interaction between learning model with social attitude toward civic learning result. Third, for students who had high social attitude, there was a difference in civic learning result between students who learned using NHT cooperative learning model with students who learned using conventional learning model of fifth grade students in cluster IV Manggis. Fourth, for students who had low social attitude, there was a difference in civic learning result between students who learned using NHT cooperative learning model with students who learned using conventional learning model.keyword : learning result, NHT cooperaive learning model, social attitude