PENGARUH MODEL PENDEKATAN STARTER EKSPERIMEN (PSE) TERHADAP KETERAMPILAN PROSES SAINS DAN HASIL BELAJAR SAINS SISWA SD GUGUS VIII KECAMATAN ABANG
Main Authors: | ., I KETUT NYENENG, ., Prof. Dr. I Wayan Lasmawan,M.Pd, ., Prof. Dr. Nyoman Dantes |
---|---|
Format: | Article info application/pdf eJournal |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
Jurnal Pendidikan Dasar
, 2015
|
Online Access: |
http://pasca.undiksha.ac.id/e-journal/index.php/jurnal_pendas/article/view/1495 http://pasca.undiksha.ac.id/e-journal/index.php/jurnal_pendas/article/view/1495/1166 |
Daftar Isi:
- Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis perbedaan keterampilan proses sains dan hasil belajar sains antara siswa yang belajar dengan model pendekatan starter eksperimen dengan siswa yang mengikuti model pembelajaran langsung. Mengacu pada permasalahan yang telah dirumuskan, penelitian ini merupakan penelitian eksperimen. Rancangan penelitian yang digunakan adalah rancangan post-test only control group design. Populasi dalam penelitian ini adalah semua siswa kelas V pada Gugus VIII SD Negeri di Kecamatan Abang. Pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik random sampling. Berdasarkan hasil pengujian hipotesis dengan menggunakan MANOVA, dapat diambil simpulan bahwa terdapat perbedaan keterampilan proses sains dan hasil belajar sains antara kelompok siswa yang mengikuti pembelajaran dengan model pendekatan starter eksperimen dibandingkan dengan kelompok siswa yang belajar dengan model pengajaran langsung. Kata Kunci : pendekatan starter eksperimen, keterampilan proses sains, hasil belajar sains This study aimed at analyzing the differences science process skills and result science learning outcomes among students who learnt through starter experimental approach and students who learnt through direct intruction model. Referring to the issues that had been formulated, this study was an experimental study. The design of this study was post-test only control group design. The population in this study were all students of class V cluster VIII elementary school in Abang Disrict. The samples of this study were chosen through by random sampling. Based on the results of hypothesis testing through MANOVA, it can be found that there are significant differences in students’ science process skills and result science learning outcomes among the group of students who learnt through starter experimental approach as compared with the group of students who learnt through direct intruction model.keyword : starter experimental approach, science process skills and result science learning outcomes.