PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING TERHADAP HASIL BELAJAR IPA DITINJAU DARI MINAT BELAJAR SISWA KELAS V SD NEGERI DI GUGUS VI KECAMATAN ABANG KABUPATEN KARANGASEM TAHUN PELAJARAN 2014/2015

Main Authors: ., I MADE ARI ARTANA, ., Prof. Dr. Nyoman Dantes, ., Prof. Dr. I Wayan Lasmawan,M.Pd
Format: Article info application/pdf eJournal
Bahasa: eng
Terbitan: Jurnal Pendidikan Dasar , 2015
Online Access: http://pasca.undiksha.ac.id/e-journal/index.php/jurnal_pendas/article/view/1494
http://pasca.undiksha.ac.id/e-journal/index.php/jurnal_pendas/article/view/1494/1165
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui besarnya pengaruh pembelajaran inkuiri terbimbing terhadap hasil belajar IPA ditinjau dari minat belajar siswa. Penelitian ini adalah penelitian eksperimen semu dengan rancangan The Posttest-Only Control-Group Desain. Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas V SD di Gugus VI Kecamatan Abang yang berjumlah 177 siswa. Sebanyak 121 siswa dipilih sebagai sampel yang ditentukan dengan teknik random sampling. Data minat belajar dikumpulkan dengan kuesioner dan hasil belajar menggunakan tes pilihan ganda. Data dianalisis dengan menggunakan analisis Anava AB berbantuan SPSS 17.00 for windows. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Pertama, terdapat perbedaan hasil belajar IPA antara siswa yang mengikuti pelajaran dengan model pembelajaran inkuiri terbimbing dan siswa yang belajar dengan model pembelajaran konvensional (FA=10,462;p