PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING BERBASIS LINGKUNGAN TERHADAP KETERAMPILAN BERPIKIR KREATIF DAN PENGUASAAN KONSEP IPA KELAS V SD GUGUS VIII KECAMATAN ABANG

Main Authors: ., I KETUT NEKA, ., Prof. Dr. A. A. I. Ngurah Marhaeni,MA, ., Prof. Dr.I Wayan Suastra,M.Pd
Format: Article info application/pdf eJournal
Bahasa: eng
Terbitan: Jurnal Pendidikan Dasar , 2015
Online Access: http://pasca.undiksha.ac.id/e-journal/index.php/jurnal_pendas/article/view/1489
http://pasca.undiksha.ac.id/e-journal/index.php/jurnal_pendas/article/view/1489/1160
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan keterampilan berpikir kreatif dan penguasaan konsep IPA antara siswa yang belajar dengan model pembelajaran inkuiri terbimbing dengan siswa yang mengikuti model Pembelajaran Langsung. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan rancangan Pretest-Posttest Control Group Design. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas V SD Gugus VIII Kecamatan Abang. Sampel diambil dengan cara random sampling. Data keterampilan berpikir kretif dan penguasaan konsep IPA diukur dengan menggunakan tes. Data yang terkumpul dianalisis dengan Manova. Berdasarkan hasil pengujian hipotesis dapat dibuat beberapa simpulan yaitu: 1) Terdapat perbedaan keterampilan berpikir kreatif dan penguasaan konsep IPA antara siswa yang belajar dengan model pembelajaran inkuiri terbimbing berbasis lingkungan dengan siswa yang belajar dengan model pembelajaran langsung; 2) Terdapat perbedaan keterampilan berpikir kreatif antara siswa yang belajar dengan model pembelajaran inkuiri terbimbing berbasis lingkungan dengan siswa yang belajar dengan model pembelajaran langsung; 3) Terdapat perbedaan penguasaan konsep IPA antara siswa yang belajar dengan model pembelajaran inkuiri terbimbing berbasis lingkungan dengan siswa yang belajar dengan model pembelajaran langsung. Kata Kunci : keterampilan berpikir kreatif, model Pembelajaran inkuiri terbimbing, dan penguasaan konsep IPA This research aims to determine the effect of environment-based guided inquiry learning model towards creative thinking skill and science concept mastery of fifth grade elementary school students in cluster VIII sub-district Abang. To achieve this goal, experimental research was conducted and population in this research were fifth grade elementary school students cluster VIII sub-district Abang. Data collected involving creative thinking skill data and science concept mastery data. Data gathered were analyzed using MANOVA. The findings were: First, there is a difference in creative thinking skill and science concept mastery between students who followed environment-based guided inquiry learning model with students who followed direct learning model. Second, there is a difference in creative thinking skill between students who followed environment-based guided inquiry model with students who followed direct learning model. Third, there is a simultaneous difference in creative thinking skill and science concept mastery between students who followed guided inquiry learning based on environment with students who followed direct learning model. keyword : creative thinking skill, environment-based guided inquiry learning model, science concept mastery