PENGARUH PENDEKATAN SAINTIFIK TERHADAP PRESTASI BELAJAR PKn DITINJAU DARI SIKAP DEMOKRASI SISWA KELAS V GUGUS I KECAMATAN ABANG
Main Authors: | ., I KADEK PUTRA AGUSTINA, ., Prof. Dr. I Wayan Lasmawan,M.Pd, ., Dr. Gede Rasben Dantes, S.T, M.TI |
---|---|
Format: | Article info application/pdf eJournal |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
Jurnal Pendidikan Dasar
, 2015
|
Online Access: |
http://pasca.undiksha.ac.id/e-journal/index.php/jurnal_pendas/article/view/1487 http://pasca.undiksha.ac.id/e-journal/index.php/jurnal_pendas/article/view/1487/1158 |
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui besarnya pengaruh pendekatan saintifik terhadap prestasi belajar PKn ditinjau dari sikap demokrasi siswa. Penelitian ini adalah penelitian eksperimen semu dengan rancangan The Posttest-Only Control-Group Desain. Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas V SD Gugus I Kecamatan Abang yang berjumlah 147 siswa. Sebanyak 100 siswa dipilih sebagai sampel yang ditentukan dengan teknik group random sampling. Data sikap demokrasi dikumpulkan dengan kuesioner dan hasil belajar menggunakan tes pilihan ganda. Data dianalisis dengan menggunakan analisis Anava A- B berbantuan SPSS 17.00 for windows.Hasil Penelitian menunjukkan bahwa: Pertama, Terdapat perbedaan prestasi belajar PKn antara siswa yang mengikuti pelajaran dengan pendekatan saintifik dan siswa yang belajar dengan model pembelajaran konvensional pada siswa kelas V Gugus I Kecamatan Abang. Prestasi belajar PKn siswa yang mengikuti pelajaran dengan pendekatan saintifik lebih baik daripada prestasi belajar PKn siswa yang mengikuti pelajaran dengan pembelajaran konvensional. Kedua, terdapat interaksi antara penerapan model pembelajaran dan Sikap Demokrasi siswa terhadap prestasi belajar PKn pada siswa kelas V Gugus I Kecamatan Abang. Untuk siswa yang memiliki sikap demokrasi tinggi, prestasi belajar PKn siswa yang mengikuti pelajaran dengan pendekatan saintifik lebih baik daripada pembelajaran konvensional. Ketiga, hasil belajar siswa yang memiliki sikap demokrasi tinggi yang mengikuti pelajaran dengan pendekatan saintifik lebih baik daripada siswa yang mengikuti pelajaran dengan model konvensional. Kempat, untuk siswa yang memiliki sikap demokrasi rendah, tidak terdapat perbedaan prestasi belajar PKn antara siswa yang mengikuti pelajaran dengan pendekatan saintifik dan siswa yang mengikuti pelajaran dengan pembelajaran konvensional.Kata Kunci : pendekatan saintifik, pembelajaran PKn, prestasi belajar PKn, sikap demokrasi This research aims to investigate the effect of scientifik approach towards civic learning achievement viewed from student’s democratic attitude. This is a quasi-experimental research using Posttest-Only Control-Group Design. Research population 147 fifth grade students in cluster I sub-dsitrict Abang. One hundred students were selected as research samples which were determined using random samplingtechnique. Data of democratic attitude were collected using questionnaire and learning result data were obtained using multiple choice test. Data were analyzed using Anava A- B assisted by SPSS 17.00 for windows. Research results show that: First, Civic learning achievement of students who followed learning using scientific approach was better that civic learning achievement of students who followed learning using conventional model. Second, there was an interaction between learning model implementation and democratic attitude of students toward civic learning achievement. For students who had high democratic attitude, civic learning achievement of students who followed learning using scientific approach was better than those with conventional learning. Third, students who had high democratic attitude and followed learning using scientific approach was better than students who followed learning using conventional model. Fourth, for students who had low democratic attitude, there was no difference in civic learning achievement between students who followed learning using scientific approach with students who followed learning using conventional learning.keyword : civic learning, civic learning achievement, democratic attitude, scientitic approach