PENGARUH PENDEKATAN PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL BERBANTUAN MEDIA VISUAL TERHADAP MOTIVASI BERPRESTASI DAN HASIL BELAJAR IPA PADA SISWA KELAS IV GUGUS II KECAMATAN ABANG KABUPATEN KARANGASEM

Main Authors: ., KADEK MERTA, ., Prof. Dr. I Wayan Lasmawan,M.Pd, ., Prof. Dr.I Wayan Suastra,M.Pd
Format: Article info application/pdf eJournal
Bahasa: eng
Terbitan: Jurnal Pendidikan Dasar , 2015
Online Access: http://pasca.undiksha.ac.id/e-journal/index.php/jurnal_pendas/article/view/1486
http://pasca.undiksha.ac.id/e-journal/index.php/jurnal_pendas/article/view/1486/1157
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui besarnya pengaruh model pembelajaran kontekstual berbantuan media visual terhadap motivasi berprestasi dan hasil belajar IPA siswa. Penelitian ini adalah penelitian eksperimen semu dengan rancangan The Posttest-Only Control-Group Disaign.. Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas IV SD di Gugus II Kecamatan Abang, Kabupaten Karangasem tahun pelajaran 2013/2014. Berdasarkan dari karakteristik populasi dan tidak bisa dilakukan pengacakan individu, maka pengambilan sampel pada penelitian ini dengan teknik random sampling terhadap kelas-kelas yang ada. Data motivasi berprestasi siswa dikumpulkan dengan kuesioner dan hasil belajar IPA menggunakan tes pilihan ganda. Data dianalisis dengan menggunakan MANOVA (multivariat Analysis of Variance) berbantuan SPSS 17.00 for windows. Hasil penelitian menunjukkan berikut: Pertama, terdapat perbedaan secara signifikan motivasi berprestasi antara siswa yang belajar dengan pembelajaran kontekstual berbantuan media visual dan siswa yang belajar dengan model pembelajaran konvensional pada siswa kelas IV SD di Gugus II Kecamatan Abang (F = 101,386;p < 0,05). Kedua, terdapat perbedaan secara signifikan hasil belajar IPA antara siswa yang belajar dengan pembelajaran kontekstual berbantuan media visual dan siswa yang belajar dengan model pembelajaran konvensional pada siswa kelas IV SD di Gugus II Kecamatan Abang ( F = 53,685; p < 0,05). Ketiga, Secara simultan terdapat perbedaan yang signifikan terhadap motivasi berprestasi dan hasil belajar IPA antara siswa yang belajar dengan pembelajaran kontekstual berbantuan media visual dan siswa yang belajar dengan model pembelajaran konvensional pada siswa kelas IV SD di Gugus II Kecamatan Abang(F = 77,887; p < 0,05). Kata Kunci : hasil belajar, motivasi berprestasi, dan pembelajaran kontekstual berbantuan media visual. This research aims to investigate the effect of contextual learning model assisted by visual media towards improvement of student’s achievement motivation and science learning result. This is a quasi-experimental research using Posttest-Only Control-Group Design. Population in this research was the entire fourth grade elementary school students in cluster II sub-district Abang, Karangasem Regency in the academic year 2013/2014. Samples were 45 students taken through random sampling technique. Achievement motivation data were collected using questionnaire and science learning result data were obtained using multiple choice test. Data were analyzed using MANOVA (Multivariate Analysis of Variance) assisted by SPSS 17.00 for windows. Research results show that; First, there was a difference in achievement motivation between students who learned using contextual learning assisted by visual media with students who learned using conventional learning (F = 101.386, p < 0.05). Second, there was a difference in science learning result between students who learned using contextual learning assisted by visual media with students who learned using conventional learning model( F = 53.685, p < 0.05). Third, there was a simultaneou difference in achievement motivation and science learning result between students who learned using contextual learning assisted by visual media with students who leanerd using conventional learning model (F = 77.887 , p < 0.05).keyword : achievement motivation, contextual learning assisted by visual media, science learning result