IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN PETA KONSEP TERHADAP MOTIVASI BERPRESTASI DAN HASIL BELAJAR SISWA DALAM PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA KELAS V GUGUS VI KECAMATAN ABANG
Main Authors: | ., WAYAN WAGE, ., Prof. Dr. Nyoman Dantes, ., Dr. Gede Rasben Dantes, S.T, M.TI |
---|---|
Format: | Article info application/pdf eJournal |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
Jurnal Pendidikan Dasar
, 2015
|
Online Access: |
http://pasca.undiksha.ac.id/e-journal/index.php/jurnal_pendas/article/view/1485 http://pasca.undiksha.ac.id/e-journal/index.php/jurnal_pendas/article/view/1485/1156 |
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui besarnya pengaruh pembelajaran peta konsep terhadap motivasi berprestasi dan hasil belajar siswa dalam pembelajaran bahasa Indonesia. Penelitian ini adalah penelitian eksperimen semu dengan rancangan The Posttest-Only Control-Group Desain. Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas V Gugus VI Kecamatan Abang yang berjumlah 176 siswa. Sebanyak 62 siswa dipilih sebagai sampel yang ditentukan dengan teknik group random sampling. Data motivasi berprestasi dikumpulkan dengan kuesioner dan hasil belajar menggunakan tes pilihan ganda. Data dianalisis dengan menggunakan MANOVA (multivariat Analysis of Variance) berbantuan SPSS 17.00 for windows.Hasil Penelitian menunjukkan bahwa: Pertama, terdapat perbedaan secara signifikan motivasi belajar antara siswa yang belajar dengan pembelajaran peta konsep dan siswa yang belajar dengan model pembelajaran konvensional pada siswa kelas V Sekolah Dasar Gugus VI Kecamatan Abang. Kedua, terdapat perbedaan secara signifikan hasil belajar Bahasa Indonesia antara siswa yang belajar dengan pembelajaran peta konsep dan siswa yang belajar dengan model pembelajaran konvensional pada siswa kelas V Sekolah Dasar Gugus VI Kecamatan Abang. Ketiga, secara simultan terdapat perbedaan yang signifikan terhadap motivasi belajar dan hasil belajar Bahasa Indonesia antara siswa yang belajar dengan pembelajaran peta konsep dan siswa yang belajar dengan model pembelajaran konvensional pada siswa kelas V Sekolah Dasar Gugus VI Kecamatan Abang.Kata Kunci : Pembelajaran peta konsep, motivasi berprestasi, dan hasil belajar Bahasa Indonesia. Aims of this research to investigate the effect of concept mapping learning model towards achievement motivation and students’ learning result in Bahasa. This is a quasi-experimental reserach using Posttest-Only Control-Group Design. Research population was 176 fifth grade students in cluster VI sub-district Abang. Sixty two students were selected as samples determined using random sampling technique. Data of achievement motivation were collected using questionnaire and learning result data were acquired using multiple choice test. Data were analyzed using MANOVA (Multivariate Analysis of Variance) assisted by SPSS 17.00 for windows. Research result shows that: First, there was a difference in learning motivation between students who learned using concept mapping learning model with students who learned using conventional learning model. Second, there was a difference in Bahasa learning result between students who learned using concept mapping learning model with students who learned using conventional learning model. Third, there was a simultaneous difference in learning motivation and Bahasa learning result between students who learned using concept mapping learning model with students who learned using conventional learning model.keyword : achievement motivation, bahasa learning result, concept mapping learning model