Pengaruh Metode Pembelajaran Mind Mapping Terhadap Hasil Belajar IPS Ditinjau dari Motivasi Berprestasi pada Siswa Kelas VI SD Se-Gugus III Kecamatan Kuta Tahun Pelajaran 2014/2015
Main Authors: | ., I DEWA AYU MADE MURNI, ., Prof. Dr. Nyoman Dantes, ., Prof. Dr. I Wayan Lasmawan,M.Pd |
---|---|
Format: | Article info application/pdf eJournal |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
Jurnal Pendidikan Dasar
, 2014
|
Online Access: |
http://pasca.undiksha.ac.id/e-journal/index.php/jurnal_pendas/article/view/1483 http://pasca.undiksha.ac.id/e-journal/index.php/jurnal_pendas/article/view/1483/1154 |
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh metode pembelajaran mind mapping terhadap hasil belajar IPS ditinjau dari motivasi berprestasi. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VI SD yang berada di gugus 3 kecamatan Kuta. Sampel pada penelitian ini diperoleh dengan menggunakan metode random sampling. Penelitian ini merupakan eksperimen kuasi dengan rancangan two factorial design. Data hasil belajar diperoleh melalui tes hasil belajar, sedangkan data motivasi berprestasi diperoleh melalui kuisioner motivasi berprestasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) terdapat perbedaan yang signifikan hasil belajar IPS antara siswa yang mengikuti pembelajaran metode mind mapping dengan siswa yang mengikuti model pembelajaran konvensional, (2) terdapat pengaruh interaksi antara model pembelajaran dengan motivasi berprestasi terhadap hasil belajar IPS. (3) terdapat perbedaan yang signifikan pada Hasil belajar IPS antara kelompok siswa yang mengikuti pembelajaran dengan pembelajaran metode Mind Mapping dengan kelompok siswa yang mengikuti pembelajaran dengan model pembelajaran konvensional pada siswa yang memiliki motivasi berprestasi tinggi (4) terdapat perbedaan yang signifikan pada Hasil belajar IPS antara kelompok siswa yang mengikuti pembelajaran dengan pembelajaran metode Mind Mapping dengan kelompok siswa yang mengikuti pembelajaran dengan model pembelajaran konvensional pada siswa yang memiliki motivasi berprestasi rendahKata Kunci : Metode Pembelajaran Mind Mapping, Motivasi berprestasi, Hasil Belajar IPS This study is intended to investigate the effect of mind mapping learning method toward social study’s learning achievement viewed from achievement motivation. Population in this study was all grade VI students in cluster III Kuta district Sample of this study was obtained by using random sampling. This study was a quasi experimental with two factorial design. Learning achievement data was obtained through test, while achievement motivation data was gained through questionnaire.The result of this study indicated that: (1) there is a significant difference between learning achievement of students who attend mind mapping learning method to students who attend conventional learning method, (2) there is interaction between learning method and achievement motivation toward social study’s learning achievement, (3) there is a significant difference between learning achievement of students who attend mind mapping learning method to students who attend conventional learning method for students who have high achievement motivation, (4) there is a significant difference between learning achievement of students who attend mind mapping learning method to students who attend conventional learning method for students who have low achievement motivationkeyword : Mind Mapping Learning Method, Achievement Motivation, Social Study’s Learning Achievement