PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TEKNIK JIGSAW DAN KONSEP DIRI AKADEMIK TERHADAP PRESTASI BELAJAR IPS SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 4 MENDOYO, KABUPATEN JEMBRANA

Main Author: Sinarni, Luh
Format: Article info eJournal
Terbitan: Jurnal Pendidikan Dasar , 2011
Online Access: http://pasca.undiksha.ac.id/e-journal/index.php/jurnal_pendas/article/view/148
Daftar Isi:
  • ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran kooperatif teknik jigsaw dan konsep diri akademik terhadap prestasi belajar IPS siswa. Penelitian ini dilakukan di SMP Negeri 4 Mendoyo, Kabupaten Jembrana. Penelitian ini melibatkan 72 orang siswa sebagai subyek penelitian, yang diambil secara acak. Data hasil belajar diperoleh dari sebuah tes prestasi belajar berbentuk pilihan ganda yang terdiri dari 40 butir soal, dengan indek validitas butir berkisar dari r = 0,20 s.d r = 0,73 dan indek reliabilitas Kuder Richadson 20 (KR- 20) = 0,92. Sedangkan konsep diri dikumpulkan melalui sebuah kuesioner konsep diri yang terdiri dari 35 butir dengan indek validitas butir berkisar dari r = 0,21s.d r = 0,61 dan indek reliabilitas Alpha Cronbach = 0,85. Selanjutnya data yang diperoleh dianalisis secara deskriptif dengan menggunakan anava dua jalur dan uji Tukey. Pengujian Hipotesis dilakukan dengan menggunakan bantuan program SPSS 11.0 for Windows. Hasil penelitian ini adalah sebagai berikut: (1) Terdapat perbedaan prestasi belajar IPS antara siswa yang mengikuti model pembelajaran kooperatif teknik jigsaw dengan siswa yang mengikuti model pembelajaran konvensional. (2) Terdapat pengaruh interaksi antara penerapan model pembelajaran kooperatif teknik jigsaw dengan konsep diri akademik terhadap prestasi belajar IPS. (3) Prestasi belajar IPS siswa yang memiliki konsep diri tinggi, yang mengikuti pembelajaran model kooperatif teknik jigsaw lebih baik daripada siswa yang memiliki konsep diri tinggi yang mengikuti pembelajaran model konvensional. (4) Prestasi belajar IPS siswa yang memiliki konsep diri rendah, yang mengikuti pembelajaran model konvensional lebih baik daripada siswa yang memiliki konsep diri rendah, yang mengikuti pembelajaran model kooperatif teknik jigsaw. Kata kunci: prestasi belajar IPS, model pembelajaran kooperatif jigsaw, konsep diri akademik THE EFFECT OF COOPERATIVE LEARNING MODEL JIGSAW TECHNIQUE AND ACADEMIC SELF-CONCEPT TOWARD SOCIAL LEARNING ACHIVEMENT OF THE EIGHT GRADE STUDENTS OF SMP NEGERI 4 MENDOYO, JEMBRANA REGENCY ABSTRACT This research aimed at investigating the effect of cooperative learning model jigsaw technique and academic self-concept toward students’ learning achievement of social subject. It was conducted at SMP Negeri 4 Mendoyo, Kabupaten Jembrana. This research involved 72 students as the sample of the study taken randomly. The data of learning achievement was gathered through test of learning achievement in the form of multiple choice consisted of 40 items with validity index from r=0,20 to r=0,73 and reliability index of Kuder Richadson 20 (KR- 20)= 0,92. Data of self-concept was collected through administering questionnaires of self-concept contained 35 items with validity index from r=0,2` to r=0,61 and reliability index of Alpha Cronbach= 0,85. Then, the collected data was analyzed descriptively through making use of two-way ANOVAand Tukey Test. It used program SPSS 11.0 for windows in testing the research hypotheses. The results of this research are as follows: (1) there is a significant difference of Social learning achievement between students taught through cooperative learning model jigsaw technique and those taught through conventional model. (2) There is an interaction between cooperative learning model jigsaw technique and academic self-concept toward Social learning achievement. (3) Social learning achievement of students who have high self-concept, followed instruction of cooperative learning model jigsaw technique is better than those who followed conventional model instruction. (4) Social learning achievement of students who have low self-concept, followed instruction of conventional model instruction is better than those who followed cooperative learning model jigsaw technique. Key words: Social learning achievement, Cooperative learning model jigsaw technique, and Academic self-concept.