IMPLEMENTASI METODE BERMAIN MENGGUNAKAN MEDIA KARTU HURUF UNTUK MENINGKATKAN MINAT BACA DAN KEMAMPUAN BAHASA ANAK KELOMPOK B TK TIARA KASIH KEROBOKAN KECAMATAN KUTA UTARA, KABUPATEN BADUNG TAHUN PELAJARAN 2014-2015
Main Authors: | ., LUH BAKTI, ., Prof. Dr. A. A. I. Ngurah Marhaeni,MA, ., Dr. I Nyoman Jampel,M.Pd |
---|---|
Format: | Article info application/pdf eJournal |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
Jurnal Pendidikan Dasar
, 2014
|
Online Access: |
http://pasca.undiksha.ac.id/e-journal/index.php/jurnal_pendas/article/view/1479 http://pasca.undiksha.ac.id/e-journal/index.php/jurnal_pendas/article/view/1479/1150 |
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan minat baca dan kemampuan bahasa anak pada kelompok B Taman Kanak-kanak Tiara Kasih Kerobokan. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam 2 siklus. Subjek penelitian adalah anak kelompok B berjumlah 20 anak. Penelitian dilakukan pada semester I (Ganjil) Tahun Pelajaran 2014-2015. Prosedur penelitian mengikuti prinsip siklus yaitu tahap perencanaan, tahap pelaksanaan, tahap observasi, dan tahap refleksi. Data dikumpulkan dengan metode observasi dan pengolahan data dengan teknik deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi metode bermain menggunakan media kartu huruf pada siklus I dapat meningkatkan (1) minat baca sebesar 45.00% dan (2) Kemampuan bahasa sebesar 40.00%. Pada siklus II (1) minat baca mencapai ketuntasan sebesar 100% dan (2) Kemampuan bahasa mencapai ketuntasan 100%.Kata Kunci : Kemampuan bahasa, Media kartu huruf, Metode bermain, Minat baca. This study aims to determine the improvement of reading interest and language ability of group B children of TK Tiara Kasih, Kerobokan. This study was a classroom action research conducted in two cycles. The research subject were 20 children of group B. The research was done in the semester I (odd) in the academic year of 2014 - 2015. There were four phates for this research: planning, implementation, observation, and reflection. The data were collected by using observation method and analyzed by using quantitative descriptive technique. The results show that the implementation of role-play method with letter cards in cycle I can improve (1) reading interest by 45.00%, and (2) language ability by 40.00%. In cycle II (1) 100% children achieve the standard criteria of reading interest and (2) 100% children achieve the standard criteria of language ability.keyword : role-play method, letter cards, reading interest, language ability