PENGARUH PENDEKATAN PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL TERHADAP MOTIVASI BERPRESTASI DAN HASIL BELAJAR IPS PADA SISWA KELAS VI SD NO.6 TUBAN KECAMATAN KUTA KABUPATEN BADUNG
Main Authors: | ., I GUSTI AYU MADE WISMAWATI, ., Prof. Dr. A. A. I. Ngurah Marhaeni,MA, ., Prof. Dr. I Wayan Lasmawan,M.Pd |
---|---|
Format: | Article info application/pdf eJournal |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
Jurnal Pendidikan Dasar
, 2014
|
Online Access: |
http://pasca.undiksha.ac.id/e-journal/index.php/jurnal_pendas/article/view/1478 http://pasca.undiksha.ac.id/e-journal/index.php/jurnal_pendas/article/view/1478/1149 |
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pendekatan pembelajaran kontekstual terhadap motivasi berprestasi dan hasil belajar IPS pada siswa kelas VI SD NO.6 Tuban. Populasi dan sampel dalam penelitian ini sebanyak 68 orang siswa. Data motivasi berprestasi dikumpulkan dengan metode kuesioner dan data hasil belajar IPS dikumpulkan dengan tes pilihan ganda. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah Manova. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan didapatkan hasil bahwa: 1) terdapat perbedaan motivasi berprestasi dalam pembelajaran IPS antara siswa yang megikuti pendekatan pembelajaran kontekstual dengan siswa yang mengikuti pendekatan pembelajaran konvensional, 2) terdapat perbedaan hasil belajar IPS antara siswa yang mengikuti pendekatan pembelajaran kontekstual dengan siswa yang mengikuti pendekatan pembelajaran konvensional, 3) secara simultan, terdapat perbedaan motivasi berprestasi dan hasil belajar IPS antara siswa yang megikuti pendekatan pembelajaran kontekstual dengan siswa yang mengikuti pendekatan pembelajaran konvensionalKata Kunci : hasil belajar IPS, motivasi berprestasi, pendekatan pembelajaran kontekstual This research aims at investigating the effect of contextual learning approach on achievement motivation and social study learning achievement of sixth grade elementary students of SD No. 6 Tuban. The population and the sample of this research was 68 students. The data of achievement motivation were collected by using questionnaire and the data of social study learning achievement were collected by using multiple choice test. The data were analyzed by using Manova. The result of the research shows that: 1) there is a difference of achievement motivation in social study learning between students following contextual learning approach and those following conventional learning approach, 2) there is a difference of social study learning achievement between students following contextual learning approach and those following conventional learning approach, 3) simultaneously, there is a difference of achievement motivation and social study learning achievement between students following contextual learning approach and those following conventional learning approachkeyword : achievement motivation, contextual learning approach ,social study learning achievement