PENINGKATAN KEMAMPUAN BELAJAR MATEMATIKA MELALUI PERMAINAN MEMANCING PADA ANAK TUNA GRAHITA SEDANG (C1) KELAS DASAR V DI SLB/C KEMALA BHAYANGKARI TABANAN TAHUN PELAJARAN 2010/2011

Main Author: Yarta, I Ketut
Format: Article info eJournal
Terbitan: Jurnal Pendidikan Dasar , 2011
Online Access: http://pasca.undiksha.ac.id/e-journal/index.php/jurnal_pendas/article/view/137
Daftar Isi:
  • ABSTRACT I Ketut Yarta, 2009. Improved Mathematics Learning Ability through Fishing for the Medium Mental disability Studen of Basic Class V at Kemala Bhayangkari SLB / C (Disable school) Tabanan in 2010/2011. The Thesis had been corrected and verified by the: First supervisor: Prof. Dr. Nyoman Dantes the second supervisor, Prof. Drs.Sariyasa, M.Sc.Ph.D. Key words : Improving Matematics, Learning Ability, Fishing Game, Mental Disability.Students The study was conducted in order to: (1) Describe the improvement of learning activities in mathematics by using fishing game for the medium mental disability students of basic classV, (2) find out the improvement of learning achievement in mathematics for the medium mental disability students basic class (C1) by using fishing game at Kemala Bhayangkari SLB/C (Disable school), (3) figure out the problems encountered by the students in learning mathematics based on fishing game. The result of direct observation indicated that there were some problems found in relation to mathematics instructional process. The solution of the problems focused on the activities and achievement of learning mathematics. It was necessary to conduct a process of learning mathematics by using fishing game in order to improve the achievement in learning mathematics for medium mental disability students consited four males, and two females. It was conducted at the even semester in 2010-2011 by employing an action based approach in three different cycles focusing on the use of fishing game The data were collected by observation in particular for learning activities, and ten items of multiple choice test to assess the students learning achievement. The result indicated that ewre was an improvement in the student ability in mathematics whwn learning was carried out based of fishing game. ABSTRAK I Ketut Yarta, 2009. Peningkatan Kemampuan Belajar Matematika melalui Permainan memancing pada anak Tunagrahita Kelas Dasar V Sedang di SLB/C Kemala Bhayangkari Tabanan Tahun Pelajaran 2010/2011 Tesis ini sudah dikoreksi dan diperiksa oleh Pembimbing I : Prof. Dr. Nyoman Dantes, dan Pembimbing II: Prof. Drs. Sariyasa, M.Sc. Ph.D. Kata kunci : Peningkatan Kemampuan Belajar Matematika, Permainan Memancing, Anak Tunagrahita. Penelitian ini bertujuan untuk: (1) Mendeskripsikan peningkatan aktivitas belajar matematika siswa melalui media permainan memancing di kelas dasar V tuna grahita sedang (2) Untuk mengetahui peningkatan hasil belajar matematika siswa tuna grahita sedang (C1) melalui media permainan memancing di kelas dasar V tuna grahita sedang pada SLB/C Kemala Bhayangkari Tabanan. Mengetahui kemampuan belajar anak tuna grahita sesudah diberikan perlakuan permainan memancing, (3) Untuk mengetahui kendala-kendala yang dihadapi siswa dalam pembelajaran matematika dengan media permainan memancing. Pelaksanaan penelitian didasarkan pada hasil observasi langsung di lapangan, menunjukkan bahwa ada beberapa masalah yang ditemukan berkaitan dengan proses pembelajaran matematika. Untuk mengatasi masalah tersebut difokuskan pada masalah aktivitas dan hasil belajar matematika..Perlu dilakukan proses pembelajaran dengan media permainan memancing untuk meningkatkan kemampuan belajar matematika siswa kelas dasar V tuna grahita sedang (C1). Peningkatan kemampuan belajar matematika melalui permainan memancing adalah fokus tindakan. Dan penelitian ini berlangsung tiga siklus. Metode yang digunakan adalah metode observasi untuk aktivitas belajar dan hasil belajar menggunakan tes pilihan ganda dengan jumlah item soal 10. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada peningkatan kemampuan belajar matematika melalui permainan memancing. Dalam pelaksanaannya ditemukan ada beberapa kendala yaitu: kesiapan siswa dalam proses pembelajaran, kemampuan dasar siswa untuk membilang dan kedisiplinan siswa dalam mengikuti proses pembelajaran.