Pengaruh Model Pembelajaran Generatif Terhadap Minat Dan Hasil Belajar IPA Pada Siswa Kelas V SD (Studi Kasus Di Gugus Letkol Wisnu Denpasar Utara)

Main Authors: ., I GUSTI AGUNG AYU WULANDARI, ., Prof. Dr. Nyoman Dantes, ., Dr. I Nyoman Tika,M.Si
Format: Article info application/pdf eJournal
Bahasa: eng
Terbitan: Jurnal Pendidikan Dasar , 2014
Online Access: http://pasca.undiksha.ac.id/e-journal/index.php/jurnal_pendas/article/view/1301
http://pasca.undiksha.ac.id/e-journal/index.php/jurnal_pendas/article/view/1301/1003
Daftar Isi:
  • Penelitian ini betujuan untuk mengetahui; (1) perbedaan minat belajar; (2) perbedaan hasil belajar IPA; dan (3) perbedaan secara simultan minat dan hasil belajar IPA antara siswa yang mengikuti pembelajaran model generatif dengan siswa yang mengikuti pembelajaran konvensional. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas V SD Gugus Letkol Wisnu Denpasar Utara. Sampel diambil dengan teknik random sampling. Jenis penelitian yang digunakan adalah eksperimen semu (quasi experimental) dengan rancangan non-equivalent control group design. Data yang dikumpulkan adalah; (1) minat belajar dengan kuisioner; dan (2) hasil belajar IPA dengan tes hasil belajar berbentuk objektif. Data yang diperoleh dianalisis dengan menggunakan MANOVA berbantuan SPSS 16.0 for windows. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat; (1) perbedaan minat belajar dengan nilai F = 10,382 dengan taraf signifikan 0,05 (p