Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw terhadap Motivasi Belajar dan Hasil Belajar IPS Siswa Kelas V Sekolah Dasar Gugus IV Jimbaran, Kuta Selatan
Main Authors: | ., LUH SRI SUDHARMINI, ., Prof. Dr. I Wayan Lasmawan,M.Pd, ., Prof. Dr. I Nyoman Natajaya,M.Pd |
---|---|
Format: | Article info application/pdf eJournal |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
Jurnal Pendidikan Dasar
, 2014
|
Online Access: |
http://pasca.undiksha.ac.id/e-journal/index.php/jurnal_pendas/article/view/1211 http://pasca.undiksha.ac.id/e-journal/index.php/jurnal_pendas/article/view/1211/994 |
Daftar Isi:
- AbstrakPenelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan motivasi belajar dan hasil belajar IPS antara siswa yang mengikuti pembelajaran dengan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw dengan siswa yang mengikuti pembelajaran konvensional secara terpisah maupun simultan. Populasi penelitian ini adalah semua siswa kelas V Sekolah Dasar Gugus IV Jimbaran, Kuta Selatan yang berjumlah 280 orang. Sebanyak 156 siswa terpilih sebagai sampel dengan teknik random sampling. Data dikumpulkan dengan tes dan kuesioner. Data dianalisis dengan statistik anava dan manova satu jalur. Hasil analisis menunjukkan bahwa: (1) ada perbedaan motivasi belajar siswa antara yang mengikuti pembelajaran dengan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw dan konvensional pada siswa kelas V Sekolah Dasar Gugus IV Jimbaran, Kuta Selatan dengan Fhitung = 15,335 (p = 0,000 < 0,05), (2) ada perbedaan hasil belajar IPS siswa antara yang mengikuti pembelajaran dengan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw dan konvensional pada siswa kelas V Sekolah Dasar Gugus IV Jimbaran, Kuta Selatan dengan Fhitung = 13,302 (p = 0,000 < 0,05),dan (3) ada perbedaan motivasi belajar dan hasil belajar siswa antara yang mengikuti pembelajaran dengan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw dan konvensional pada siswa kelas V Sekolah Dasar Gugus IV Jimbaran, Kuta Selatan dengan F- Wilks' Lambda = 11,306 (p = 0,000 < 0,05). Kata kunci: hasil belajar IPS, model kooperatif tipe jigsaw, motivasi belajarAbstrakThis research aims to investigate the difference in learning motivation and social study learning outcome between students who followed learning using cooperative learning model type jigsaw and students who followed conventional learning both separately and simultaneously. Population on this research was the entire fifth grade elementary students of District IV Jimbaran, South Kuta, amounting to 280 people. A total of 156 students selected as the sample with random sampling technique. Data were collected using test and questionnaire. Data were analyzed using anava statistics and manova one lane. The result shows that (1) there is a difference in learning motivation between students who followed learning using cooperative learning model type jigsaw and convensional in fifth grade elementary students of District IV Jimbaran, South Kuta with Fobs = 15,335 (p = 0,000 < 0,05), (2) there is a difference in student’s social study learning outcome between students who followed learning using cooperative learning model type jigsaw and convensional in fifth grade elementary students of District IV Jimbaran, South Kuta with Fobs = 13,302 (p = 0,000 < 0,05), and (3) there is a difference in learning motivation and learning outcome of students between students who followed learning using cooperative learning model type jigsaw and convensional in fifth grade elementary students of District IV Jimbaran, South Kuta with F- Wilks' Lambda = 11,306 (p = 0,000 < 0,05). Keywords: cooperative model jigsaw type,learning motivation, social study learning outcome