PENGARUH PEMBELAJARAN KOOPERATIF TEKNIK PETA KONSEP TERHADAP HASIL BELAJAR IPA SISWA KELAS V SD 4 TUBAN DENGAN KOVARIABEL SIKAP ILMIAH
Main Authors: | ., NI MADE SARJANI, ., Prof. Dr. A. A. I. Ngurah Marhaeni,MA, ., Dr. I Nyoman Tika,M.Si |
---|---|
Format: | Article info application/pdf eJournal |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
Jurnal Pendidikan Dasar
, 2014
|
Online Access: |
http://pasca.undiksha.ac.id/e-journal/index.php/jurnal_pendas/article/view/1207 http://pasca.undiksha.ac.id/e-journal/index.php/jurnal_pendas/article/view/1207/940 |
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) perbedaan hasil belajar IPA antara siswa yang mengikuti pelajaran dengan model pembelajaran kooperatif teknik peta konsep dengan siswa yang mengikuti pelajaran dengan model pembelajaran konvensional, (2) perbedaan hasil belajar IPA antara siswa yang mengikuti pelajaran dengan model pembelajaran kooperatif teknik peta konsep dengan siswa yang mengikuti pelajaran dengan model pembelajaran konvensional, setelah dikendalikan variabel sikap ilmiah, (3) besar kontribusi sikap ilmiah terhadap hasil belajar IPA pada siswa kelas V SD 4 Tuban. Penelitian ini termasuk jenis penelitian eksperimen dengan rancangan“ post-test only control group design”. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V SD 4 Tuban, dengan sampel sejumlah 64 orang dengan menggunakan teknik random sampling. Data yang dikumpulkan adalah hasil belajar IPA dengan tes dan sikap ilmiah dengan kuesioner. Data yang terkumpul dianalisis dengan analisis kovarian (Anakova) 1 jalur dengan uji-F. Hasil penelitien menunjukkan bahwa: (1) Terdapat perbedaan hasil belajar IPA antara siswa yang mengikuti model pembelajaran kooperatif teknik peta konsep dengan siswa yang mengikuti model pembelajaran konvensional pada siswa kelas V SD 4 Tuban (2) Terdapat perbedaan hasil belajar IPA antara siswa yang mengikuti pelajaran dengan model pembelajaran kooperatif teknik peta konsep dengan siswa yang mengikuti pelajaran dengan model pembelajaran konvensional, setelah diadakan pengendalian pengaruh variabel sikap ilmiah siswa; dan (3) terdapat kontribusi yang positif dan signifikan antara sikap ilmiah siswa dengan hasil belajar IPA siswa kelas V SD 4 Tuban. Kata Kunci : hasil belajar IPA, model kooperatif teknik peta konsep, model pembelajaran konvensional, sikap ilmiah This research aims to investigate (1) the difference in science’s learning outcome between students who followed concept mapping cooperative learning technique and students who followed conventional learning method, (2) difference in science’s learning outcome between students who followed concept mapping cooperative learning technique and students who followed conventional learning method, after given control for scientific attitude variable. (3) the significance of contribution of scientific attitude towards science’s learning outcome of fifth grade students SD 4 Tuban. This research was an experimental research using post-test only control group design. Population in this research was the entire fifth grade elementary school students of SD 4 Tuban with 64 persons as sample selected by using random sampling technique. Data were collected using tests which was score of science’s learning outcome and questionnaire for scientific attitude. Data gathered were analyzed using one-way covariance analysis (Anacova). Results show that: (1) there is a difference in science’s learning outcome between students who followed concept mapping cooperative learning technique and students who followed conventional learning model on fifth grade elementary students SD 4 Tuban, (2) there is a difference in science’s learning outcome between students who followed concept mapping cooperative learning technique and students who followed conventional learning model after given control for scientific attitude variable; and (3) there is a positive and significant contribution between scientific attitude and student’s learning outcome of fifth grade students in SD 4 Tuban. keyword : conventional learning models,cooperative model concept maps techniques , scientific attitu de, science learning outcomes,