PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS PROYEK TERHADAP MINAT BELAJAR DAN HASIL BELAJAR IPA SISWA KELAS V SD GUGUS 1 KUTA, KECAMATAN KUTA
Main Authors: | ., NI KETUT SUARNI, ., Prof. Dr. Nyoman Dantes, ., Dr. I Nyoman Tika,M.Si |
---|---|
Format: | Article info application/pdf eJournal |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
Jurnal Pendidikan Dasar
, 2014
|
Online Access: |
http://pasca.undiksha.ac.id/e-journal/index.php/jurnal_pendas/article/view/1194 http://pasca.undiksha.ac.id/e-journal/index.php/jurnal_pendas/article/view/1194/932 |
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan minat dan hasil belajar pada mata pelajaran IPA melalui penerapan model berbasis proyek. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V SD di Gugus 1 Kecamatan Kuta tahun pelajaran 2013/2014, dengan sampel sebanyak 91 siswa. Pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik random sampling. Rancangan yang digunakan dalam penelitian ini adalah Non Equivalent Posttest Only Control Group Design. Data Minat belajar dikumpulkan menggunakan kuisioner dan hasil belajar IPA di kumpulkan melalui tes dan di analisis dengan menggunakan analisis MANOVA. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) terdapat perbedaan minat belajar secara signifikan antara siswa yang mengikuti model pembelajaran Berbasis Proyek Dan Kelompok dengan siswa yang mengikuti pembelajaran konvensional. (2), terdapat perbedaan hasil belajar IPA yang signifikan antara siswa yang mengikuti model pembelajaran dengan siswa yang mengikuti pembelajaran konvensional. (3) terdapat perbedaan minat dan hasil belajar IPA secara simultan antara siswa yang mengikuti model pembelajaran Berbasis Proyek Dan Kelompok dengan siswa yang mengikuti pembelajaran konvensional. Kata Kunci : Hasil belajar, Model Pembelajaran Berbasis Proyek, Minat Belajar This research aims at describing learning interest and achievement in natural science through the implementation of project-based learning model. The population was all fifth grade students of SD Gugus 1 Kuta Sub-district in the academic year 2013/2014, with the sample of 91 students. The sample used was random sampling technique. This research used Non Equivalent Posttest Only Control Group Design. The data of learning interest were collected using questionnaire while the data of natural science learning achievement were collected using test, and analyzed using MANOVA. The result of the research shows that: (1) there is a significant difference of learning interest between students following project-based learning model and those following conventional learning model, (2) there is a significant difference of natural science learning achievement between students following project-based learning model and those following conventional learning model, (3) there is a significant difference of learning interest and natural science learning achievement between students following project-based learning model and those following conventional learning model.keyword : learning achievement, project-based learning model, learning interest