PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KETERAMPILAN PROSES SOSIAL TERHADAP HASIL BELAJAR IPS DITINJAU DARI MOTIVASI BERPRESTASI SISWA KELAS V SD DI GUGUS V KECAMATAN SUKASADA

Main Authors: ., KADEK DWI FEBRYANTINI, ., Prof. Dr. I Wayan Lasmawan,M.Pd, ., Prof. Dr. A. A. I. Ngurah Marhaeni,MA
Format: Article info application/pdf eJournal
Bahasa: eng
Terbitan: Jurnal Pendidikan Dasar , 2014
Online Access: http://pasca.undiksha.ac.id/e-journal/index.php/jurnal_pendas/article/view/1159
http://pasca.undiksha.ac.id/e-journal/index.php/jurnal_pendas/article/view/1159/904
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran keterampilan proses sosial terhadap hasil belajar IPS ditinjau dari motivasi berprestasi. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas V SD di gugus V kecamatan Sukasada, dengan sampel sebanyak 88 siswa yang ditentukan dengan menggunakan teknik random sampling. Desain penelitian ini adalah Posttest Only Control Grup Design dengan desain dua faktor (two factor design). Data dikumpulkan dengan menggunakan kuesioner untuk motivasi berprestasi dan tes objektif pilihan ganda untuk hasil belajar IPS. Kemudian data tersebut dianalisis dengan menggunakan analisis ANAVA dua jalur dan dilanjutkan dengan uji Tukey. Semua pengujian dilakukan dengan taraf signifikan 0,05. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) terdapat perbedaan yang signifikan hasil belajar IPS antara siswa yang mengikuti model pembelajaran keterampilan proses sosial dengan siswa yang mengikuti model pembelajaran konvensional (Fa = 9,68 > Ftab = 3,92); (2) terdapat pengaruh interaksi antara model pembelajaran dengan motivasi berprestasi terhadap hasil belajar IPS (Fab = 49,36 > Ftab = 3,92); (3) pada siswa yang mempunyai motivasi berprestasi tinggi, hasil belajar IPS siswa yang mengikuti model pembelajaran keterampilan proses sosial lebih tinggi dari pada hasil belajar IPS siswa yang mengikuti model pembelajaran konvensional (Qhit = 12,16 > Qtab = 3,92); (4) pada siswa yang mempunyai motivasi berprestasi rendah, hasil belajar IPS siswa yang mengikuti model pembelajaran konvensional lebih tinggi dari pada hasil belajar IPS siswa yang mengikuti model pembelajaran keterampilan proses sosial (Qhit = 5,97 > Qtab = 3,92)Kata Kunci : hasil belajar IPS, model keterampilan proses sosial, motivasi berprestasi This study aimed at finding out the effect of social process skill learning model towards social science achievement reviewed from achievement motivation. The population of this study was the fifth grade elementary school students in cluster V of Sukasada sub district, with 88 students were taken as samples done by using random sampling technique. The design of this study was Posttest Only Control group Design with two factor design. This research was collected by spreading questionnaire for the achievement motivation and objective test multiple choice for social science achievement. The research then analyzed by using two way ANOVA and tested by Tukey test. All testing was done in significant level of 0,05. The result of the study showed that (1) there was a significant difference of social science achievement between students taught by social process competence learning model compared to those students taught by conventional method (Fob = 9.68 > Fcv = 3.92); (2) there was an interaction influence between learning model and achievement motivation towards social science learning achievement (Fob = 49.36 > Fcv = 3.92); (3) students with high level of achievement motivation, the learning achievement of students taught by social process competence learning model was higher than those students taught by conventional method (Qob = 12.16 > Qcv = 3.92); (4) students with low level of achievement motivation, students taught by conventional method gained higher result compared to those students taught by social process competence learning model (Qob = 5.97 > Qcv = 3.92).keyword : achievement motivation , social process skill learning model, social science learning achievement,