PENGARUH PENDEKATAN KONTEKSTUAL BERBASIS ASESMEN PORTOFOLIO TERHADAPHASIL BELAJAR IPA DITINJAU DARI MOTIVASI BERPRESTASI SISWA

Main Authors: ., I WAYAN SEWELA, ., Prof. Dr. Nyoman Dantes, ., Dr. I Nyoman Tika,M.Si
Format: Article info application/pdf eJournal
Bahasa: eng
Terbitan: Jurnal Pendidikan Dasar , 2014
Online Access: http://pasca.undiksha.ac.id/e-journal/index.php/jurnal_pendas/article/view/1156
http://pasca.undiksha.ac.id/e-journal/index.php/jurnal_pendas/article/view/1156/901
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh pembelajaran kontekstual berbasis asesmen Portofolio terhadap Prestasi Belajar IPA ditinjau dari motivasi berprestasi pada siswa kelas V SD gugus 9 Kecamatan Gianyar. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuasi eksperimen dengan rancangan Post Test Only Control Group Design.Sampel penelitian berjumlah 72 orang yang dipilih dengan menggunakan teknik Random Sampling. Data yang diperoleh diolah dengan menggunakan analisis varians (ANAVA) dua jalur melalui uji F dan dilanjutkan dengan uji Tukey. Hasil penelitian menemukan: (1) secara keseluruhan, prestasi belajar IPA siswa yang belajar dengan model pembelajaran kontekstual berbasis asesmen portofolio lebih tinggi daripada siswa yang belajar dengan model pembelajaran konvensional. (2) terdapat pengaruh interaksi antara model pembelajaran dengan motivasi berprestasi terhadap prestasi belajar IPA siswa, (3) untuk siswa yang memiliki motivasi berprestasi tinggi, prestasi belajar IPA siswa yang belajar dengan model pembelajaran kontekstual berbasis asesmen portofolio lebih tinggi daripada siswa yang belajar dengan model pembelajaran konvensional,dan (4) untuk siswa yang memiliki motivasi berprestasi rendah, prestasi belajar IPA siswa yang belajar dengan model pembelajaran konvensional lebih tinggi daripada siswa yang belajar dengan model pembelajaran kontekstual berbasis asesmen Portofolio. Kata Kunci : Model Pembelajaran Kontekstual, Prestasi Belajar IPA, Motivasi Berprestasi This research aims to investigate the effect of portfolio assessment-based contextual approach on natural science learning achievement viewed from achievement motivation of fifth grade students of cluster 9 elementary schools in Gianyar Sub-distric using Post Test Only Control Group Design.The sample was 72 students which were selected using random sampling technique. The collected data were analyzed using two-way ANAVA and Tukey test. The results find that: (1) generally, the natural science achievement of students learning using assessment-based contextual approach is higher than students learning using conventional learning model, (2) there is an interactional effect between learning approach and achievement motivation, (3) for those having high achievement motivation, the natural science achievement of students learning using assessment-based contextual approach is higher than students learning using conventional learning approach, (4) for those having low achievement motivation, the natural science achievement of students learning using conventional learning approach is higher than students learning using assessment-based contextual approach.keyword : Portofolio Assesment based Contextual Learning Model, Science learning achievement, Achievement Motivation