PENERAPAN METODE PEMBERIAN TUGAS DALAM UPAYA MENINGKATKAN SIKAP MANDIRI DAN KEMAMPUAN DASAR KOGNITIF ANAK KELOMPOK B TK WANA KUMARA DENPASAR TAHUN AJARAN 2013/2014
Main Authors: | ., NI KETUT SUARTINI, ., Prof. Dr. A. A. I. Ngurah Marhaeni,MA, ., Prof. Dr. I Made Candiasa,MI.Kom |
---|---|
Format: | Article info application/pdf eJournal |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
Jurnal Pendidikan Dasar
, 2014
|
Online Access: |
http://pasca.undiksha.ac.id/e-journal/index.php/jurnal_pendas/article/view/1143 http://pasca.undiksha.ac.id/e-journal/index.php/jurnal_pendas/article/view/1143/888 |
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dan mendeskripsikan peningkatan sikap mandiri dan kemampuan dasar kognitif anak, melalui penerapan metode pemberian tugas. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kels, subjek penelitian anak kelompok B TK Wana Kumara Denpasar Tahun Ajaran 2013/2014,yang berjumlah 20 anak. Data dikumpul- kan dengan metode observasi dengan instrumen penelitian lembaran observasi sikap mandiri dan kemampuan dasar kognitif anak, analisis data menggunakan analisis deskripsi. Dalam penelitian ini ditemukan ketuntasan sikap mandiri anak sebesar 100%, dan kemampuan dasar kognitif anak sebesar 100%. Ini berarti kegiatan pembelajaran dengan penerapan metode pemberian tugas secara signifikan dapat meningkatkan sikap mandiri dan kemampuan dasar kognitif anak. Kata Kunci : Kata Kunci: penerapan metode pemberian tugas, sikap mandiri dan kemampuan dasar kognitif. This study aims to analyze and describe the attitude of self- improvement and basic cognitive abilities of children, through the application of the method of administration tasks. This study is an action research Kels, research subjects Wana kindergarten children in group B Kumara Denpasar Academic Year 2013/2014, which amounts to 20 children. Data were collected by observation with research instruments observation sheets independent attitude and basic cognitive abilities of children, data analysis using descriptive analysis. In this study found children independent attitude completeness of 100 %, and the child's cognitive abilities basis of 100%. This means learning activities with the application of the method of administration tasks can significantly improve the basic attitude of self and cognitive abilities of children.keyword : implementation method of providing duty, self attitudes and basic capabilities cognitive