PENGARUH PELATIHAN PLAIOMETRIK (ALTERNATE LEG BOUND) TERHADAP KECEPATAN LARI 50 METER DENGAN KOVARIABEL DAYA LEDAK OTOT TUNGKAI PADA SISWA SEKOLAH DASAR GUGUS V TAMPAKSIRING / GIANYAR

Main Authors: ., DEWA AYU LILIK PUSPA, ., Prof. Dr. I Wayan Lasmawan,M.Pd, ., Prof. Dr. Nyoman Dantes
Format: Article info application/pdf eJournal
Bahasa: eng
Terbitan: Jurnal Pendidikan Dasar , 2014
Online Access: http://pasca.undiksha.ac.id/e-journal/index.php/jurnal_pendas/article/view/1130
http://pasca.undiksha.ac.id/e-journal/index.php/jurnal_pendas/article/view/1130/876
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil kecepatan lari antara siswa yang mengikuti metode pelatihan plaiometrik dengan siswa yang mengikuti metode pelatihan konvensional. Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas 5 SD Gugus V Tampak Siring Tahun ajaran 2013/2014 yang berjumlah 188 orang. Sebanyak 80 siswa dipilih sebagai sampel yang ditentukan dengan teknik random sampling dengan rincian laki-laki 35 orang dan perempuan 45 orang. Rancangan penelitian ini adalah post test only control group design. Data dianalisis dengan analisis statistik anakova satu jalur. Hasil penelitian menunjukkan pertama, terdapat perbedaan kecepatan lari antara siswa yang mengikuti metode pelatihan plaiometrik dengan siswa yang mengikuti metode pelatihan konvensional (F* sebesar 89.486 taraf sig 0.000). Kedua, setelah dikendalikan oleh daya ledak otot tungkai terdapat perbedaan kecepatan lari antara siswa yang mengikuti pelatihan plaiometrik dengan siswa yang mengikuti pelatihan konvensional (F* sebesar 63.132 taraf sig 0.000). Ketiga, terdapat kontribusi yang positif dan signifikan antara daya ledak otot tungkai terhadap hasil kecepatan lari yaitu sebesar 57.6%. Simpulan dalam penelitian ini adalah bahwa metode pelatihan plaiometrik berpengaruh terhadap hasil kecepatan lari baik sebelum maupun sesudah dikendalikan daya ledak otot tungkai pada siswa SD Gugus V Tampak Siring Gianyar Tahun 2013/2014.Kata Kunci : Daya Ledak Otot Tungkai, Hasil Kecepatan Lari, Metode Pelatihan Plaiometrik This research aims to investigate the difference of running speed outcome between students who followed plaiometric learning method and students who followed conventional training method. The population in this research was 188 persons fifth grade students in Elementary School District V Tampak Siring academic years 2013/2014. 80 students were selected as sample which was determined using random sampling technique with details of 35 males and 45 females. The design of this research was post test only control group design. Data were analyzed using one way anakova statistic analysis. The results show that first, there is a difference in running speed between students who followed plaiometric training method and students who followed conventional learning method (F = 89.486 and sig value 0.000). Second, after controlling leg muscle explosive power, there is a difference in running speed between students who followed plaiometric training and students who followed conventional traing (F = 63.132 sig value 0.000). There is a positive and significant contribution between leg muscle explosive power toward running speed outcome of 57.6%. The conclusion of this research is that plaiometric learning method has effect on running speed outcome both before and after being controlled by leg muscle explosive power of Elementary School District V Tampak Siring Gianyar Academic Years 2013/2014.keyword : plaiometric training method, explosive leg muscle power, running speed outcome.