Pengaruh Model Kooperatif Teknik Tutor Sebaya Terhadap Prestasi Belajar Matematika dengan Pengendalian Kovariabel Kemampuan Penalaran Operasional Konkret (Eksperimen pada Siswa Kelas V di Gugus Mas Kecamatan Ubud)
Main Authors: | ., IDA AYU PUTU SATYANI, ., Prof. Dr. Nyoman Dantes, ., Prof. Dr. I Made Candiasa,MI.Kom |
---|---|
Format: | Article info application/pdf eJournal |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
Jurnal Pendidikan Dasar
, 2014
|
Online Access: |
http://pasca.undiksha.ac.id/e-journal/index.php/jurnal_pendas/article/view/1126 http://pasca.undiksha.ac.id/e-journal/index.php/jurnal_pendas/article/view/1126/872 |
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan prestasi belajar matematika antara siswa yang mengikuti model kooperatif teknik tutor sebaya dibandingkan dengan yang mengikuti model pembelajaran konvensional sebelum dan setelah variabel penalaran operasional konkret dikendalikan serta kotribusi kemampuan penalaran operasional konkret terhadap prestasi belajar. Penelitian ini dilaksanakan pada Siswa Kelas V di Gugus Mas Kecamatan Ubud dengan menggunakan rancangan eksperimen Single Factor Independent Groups Design With Use of Covariate. Sampel penelitian ini berjumlah 116 orang yang dipilih dengan teknik Random Sampling. Data yang diperoleh dianalisis dengan menggunakan analisis varians satu jalur dan analisis kovarian satu jalur. Hasil penelitiannya adalah: (1) prestasi belajar matematika antara siswa yang mengikuti pembelajaran menggunakan model kooperatif teknik tutor sebaya lebih tinggi dari siswa yang mengikuti pembelajaran menggunakan model konvensional dengan FHitung = 15,715. (Signifikansi < 0,05), (2) prestasi belajar matematika siswa yang mengikuti pembelajaran menggunakan model kooperatif teknik tutor sebaya tetap lebih tinggi dibandingkan siswa yang mengikuti pembelajaran menggunakan model pembelajaran konvensional setelah diadakan pengendalian pengaruh penalaran operasional konkret dengan Fhitung = 24,533 (signifikansi