PENGARUH STRATEGI REACT TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA DITINJAU DARI AKTIVITAS BELAJAR SISWA KELAS V SD
Main Authors: | ., I KOMANG AGUNG DIANSIH FORTUNA, ., Prof. Dr. Nyoman Dantes, ., Prof. Drs. Sariyasa,M.Sc., Ph.D |
---|---|
Format: | Article info application/pdf eJournal |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
Jurnal Pendidikan Dasar
, 2014
|
Online Access: |
http://pasca.undiksha.ac.id/e-journal/index.php/jurnal_pendas/article/view/1124 http://pasca.undiksha.ac.id/e-journal/index.php/jurnal_pendas/article/view/1124/870 |
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh strategi REACT terhadap hasil belajar matematika ditinjau dari aktivitas belajar pada siswa kelas V. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas V SD Gugus 3 Kecamatan Marga yang berjumlah 153 orang. Sampel penelitian ini berjumlah 60 orang dari 4 sekolah yang dipilih dengan teknik random sampling denga 2 kelas eksperimen dan 2 kelas kontrol. Desain penelitian ini adalah desain dua faktor (two factor design) dengan instrumen tes hasil belajar dan lembar observasi aktivitas belajar. Data hasil penelitian ini dianalisis dengan anava dua jalur. Hasil penelitian menunjukan bahwa: (1) terdapat perbedaan yang signifikan hasil belajar matematika antara siswa yang mengikuti strategi REACT dengan siswa yang mengikuti strategi pembelajaran langsung; (2) terdapat pengaruh interaksi antara strategi pembelajaran dan aktivitas belajaran terhadap hasil belajar matematika; (3) pada siswa yang memiliki aktivitas belajar tinggi, hasil belajar matematika siswa yang mengikuti strategi REACT lebih baik daripada siswa yang mengikuti strategi pembelajaran langsung; (4) pada siswa yang memiliki aktivitas belajar rendah, hasil belajar matematika siswa yang mengikuti strategi pembelajaran langsung lebih baik daripada siswa yang mengikuti strategi REACT. Kata Kunci : strategi REACT, hasil belajar matematika, aktivitas belajar This research’s aims to determine the effect of REACT strategy towards mathematics learning achievement viewed from students learning activities at Grade V. The population of study were fifth grade students in Gugus 3 Kecamatan Marga which totaled 153 students. The sample of study totaled 60 students from four class which selected by random sampling technique. This research design was two factors design with instruments mathematics learning achievement test obsevation sheets of students learning activities . The data of mathematics learning achievement was analyzed by two-tailed anava. The result of this study shows that (1) there is significance difference in science learning achievement between students who following REACT strategy with students who following direct learning strategy; (2) there is interaction effect between learning strategy and students learning activities towards mathematics learning achievement; (3) for students who have high students learning activities, mathematics learning achievement of students who following REACT strategy are more better than students who following direct learning strategy; and (4) for students who have low students learning activities, mathematics learning achievement of students who following direct learning strategy are more better than students who following REACT strategy.keyword : REACT strategy, mathematic learning achievement, students learning activities