Pengaruh Implementasi Teknik Klarifikasi Nilai (TKN) Melalui Bermain Peran terhadap Sikap Sosial dan Hasil Belajar PKn
Main Authors: | ., I WAYAN EKA WIWEKA, ., Prof. Dr. I Wayan Lasmawan,M.Pd, ., Prof. Dr. A. A. I. Ngurah Marhaeni,MA |
---|---|
Format: | Article info application/pdf eJournal |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
Jurnal Pendidikan Dasar
, 2014
|
Online Access: |
http://pasca.undiksha.ac.id/e-journal/index.php/jurnal_pendas/article/view/1118 http://pasca.undiksha.ac.id/e-journal/index.php/jurnal_pendas/article/view/1118/864 |
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh implementasi implementasi teknik klarifikasi nilai (TKN) melalui bermain peran terhadap sikap sosial dan hasil belajar PKn siswa kelas V di SD Gugus VI Kecamatan Buleleng. Populasi penelitian berjumlah 202 siswa dan sampel berjumlah 72 siswa. Penelitian ini merupakan eksperimen semu (quasi experiment) dengan menggunakan rancangan the posttest only control group design. Data motivasi belajar dikumpulkan dengan menggunakan kuesioner dan data hasil belajar PKn dikumpulkan dengan tes hasil belajar bentuk pilihan ganda. Data dianalisis dengan menggunakan MANOVA (Multivariate Analysis of Variance) berbantuan SPSS 17.00 for windows. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: Pertama, sikap sosial siswa yang mengikuti pembelajaran dengan teknik klarifikasi nilai (TKN) melalui bermain peran secara signifikan lebih baik daripada siswa yang mengikuti pembelajaran dengan pembelajaran konvensional (F=5,064 dan Sig.=0,028; p