PENGARUH PENDIDIKAN MATEMATIKA REALISTIK TERHADAP HASIL BELAJAR DENGAN KOVARIABEL AKTIVITAS BELAJAR DAN KEMAMPUAN NUMERIK PADA SISWA KELAS V SEKOLAH DASAR 1, 2, 5 BANYUASRI KECAMATAN BULELENG KABUPATEN BULELENG
Main Authors: | ., NI PUTU ADISTIA KUMBARA ARY SANTI, ., Prof. Dr. I Wayan Lasmawan,M.Pd, ., Prof. Dr.I Made Ardana,M.Pd |
---|---|
Format: | Article info application/pdf eJournal |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
Jurnal Pendidikan Dasar
, 2014
|
Online Access: |
http://pasca.undiksha.ac.id/e-journal/index.php/jurnal_pendas/article/view/1107 http://pasca.undiksha.ac.id/e-journal/index.php/jurnal_pendas/article/view/1107/855 |
Daftar Isi:
- Tujuan penelitian ini adalah 1) untuk mengetahui perbedaan hasil belajar antara siswa yang mengikuti Pendidikan Matematika Realistik (PMR) dan pembelajaran konvensional dengan mengendalikan aktivitas belajar dan kemampuan numerik, 2) Untuk mengetahui kontribusi aktivitas belajar dan kemampuan numerik terhadap hasil belajar. Uji validitas tes dan lembar observasi dianalisis menggunakan Point Biserial. Uji reliabilitas dilakukan dengan menggunakan KR-20. Uji hipotesis menggunakan ANAKOVA. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: pertama, terdapat perbedaan secara signifikan terhadap hasil belajar siswa yang mengikuti pembelajaran dengan PMR dengan siswa yang mengikuti pembelajaran konvensional; kedua, dengan pengendalian aktivitas belajar, terdapat perbedaan yang signifikan antara siswa yang mengikuti pembelajaran dengan PMR dengan siswa yang mengikuti pembelajaran konvensional; ketiga, dengan pengendalian kemampuan numerik, terdapat perbedaan yang signifikan antara hasil belajar siswa yang mengikuti pembelajaran dengan PMR dengan yang mengikuti pembelajaran konvensional; keempat, dengan pengendalian aktivitas belajar dan kemampuan numerik, terdapat perbedaan hasil belajar antara siswa yang mengikuti pembelajaran dengan PMR dengan siswa yang mengikuti pembelajaran konvensional; kelima, terdapat kontribusi aktivitas belajar terhadap hasil belajar matematika; keenam, terdapat kontribusi kemampuan numerik terhadap hasil belajar matematika; ketujuh, terdapat kontribusi aktivitas belajar dan kemampuan numerik terhadap hasil belajar matematikaKata Kunci : Pendidikan matematika realistik, Hasil belajar, aktivitas belajar, kemampuan numerik This research aims is to find out: 1) the differences in learning result between students who take Realistic Mathematics Education (RME) and conventional learning by controlling learning activities and numeric ability, 2) The contribution of learning activities and numeric ability. The validity test and observation sheets were analyzed using Point biserial. Reliability test and tests were analyzed by using KR-20. Hypothesis testing using Anacova. The results showed: first, there is a significant difference to the learning result of students who take lessons with RME with students who take conventional learning and second, by controlling learning activities, there are significant differences between students who take learning to the students who take the RME with conventional learning; third, by controlling numerical ability, there is a significant difference between student learning result following study with the following RME with conventional learning; fourth, with control of learning activities and numerical ability, there are differences in learning result between students who take lessons with RME with students follow the conventional learning; fifth, there is a contribution of learning activities to learning result; sixth, there is a contribution of numerical ability to learning result; seventh, there is a contribution of learning activities and numerical ability to learning result of mathematicskeyword : Realistic Mathematics Education, Learning Result, Learning Activities, Numerical Ability