PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INQUIRY TERBIMBING TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA DITINJAU DARI KETERAMPILAN NUMERIK SISWA KELAS V SD GUGUS 5 TAMPAKSIRING
Main Authors: | ., DESAK PUTU DIAH WAHYUNI, ., Prof. Dr. Nyoman Dantes, ., Dr. Gede Rasben Dantes, S.T, M.TI |
---|---|
Format: | Article info application/pdf eJournal |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
Jurnal Pendidikan Dasar
, 2014
|
Online Access: |
http://pasca.undiksha.ac.id/e-journal/index.php/jurnal_pendas/article/view/1101 http://pasca.undiksha.ac.id/e-journal/index.php/jurnal_pendas/article/view/1101/849 |
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar matematika siswa yang mengikuti model pembelajaran inquiry terbimbing dan siswa yang mengikuti model pembelajaran konvensional ditinjau dari keterampilan numerik. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu dengan rancangan the non-equivalent postest only control group design. Penelitian ini dilaksanakan pada siswa kelas V SD Gugus 5 Tampaksiring tahun pelajaran 2013/ 2014 dengan jumlah sampel sebanyak 134 orang yang terbagai dalam 2 kelas eksperimen dan 2 kelas kontrol. Data dikumpulkan dengan menggunakan tes hasil belajar matematika dan tes keterampilan numerik. Setelah dianalisis menggunakan analisis varians dua jalur (Anova AB) ditemukan bahwa terdapat perbedaan hasil belajar matematika antara siswa yang mengikuti model pembelajaran inquiry terbimbing berdasarkan keterampilan numerik serta interaksi antara model pe,belajaran dengan bakat numerik. Hasil belajar siswa yang mengikuti model pembelajaran inquiry terbimbing lebih tinggi dibandingkan hasil belajar siswa yang mengikuti model pembelajaran konvensional dengan nilai FA=82,310 dengan p < 0,05 pada siswa kelas V SD Gugus 5 Tampaksiring, Kata Kunci : Model Pembelajaran Inquiry Terbimbing, Keterampilan Numerik, Hasil Belajar Matematika This research aims to investigate the difference of mathematic’s learning outcome in students who followed guided inquiry learning model and students who followed conventional learning model viewed from their numerical skills. This is a quasi-experimental research using non-equivalent postest only control group design. This research was carried out in fifth grade elementary students District V Tampaksiring academic year 2013/2014 with the sample of 134 students divided into two experiment classess and two control classess. Data were collected using mathematic learning outcome test and numerical skills test. The data were analyzed using two-way analysis of variance (two-way Anova), the result of the research shows that there is a difference in mathematic's learning outcome between students who followed guided inquiry learning model based on their numerical skills and also interaction between learning model with numerical skills. Learning outcome of students who followed guided inquiry learning model was higher than students’s learning outcome who followed conventional learning model with F = 82,310 and p , 0,05 in fifth grade students district V Tampaksiringkeyword : Guided Inquiry Learning Model, Numerical Skills, Mathematic’s Learning Outcome