PENINGKATAN KEMAMPUAN DASAR BERBAHASA DAN KEMAMPUAN SOSIAL MELALUI IMPLEMENTASI METODE BERCERITA BERBANTUAN MEDIA BONEKA PADA ANAK KELOMPOK B TK NEGERI PEMBINA KINTAMANI BANGLI TAHUN AJARAN 2012/2013
Main Authors: | ., NI NYOMAN JENEK, ., Prof. Dr. A. A. I. Ngurah Marhaeni,MA, ., Prof. Dr. I Wayan Lasmawan,M.Pd |
---|---|
Format: | Article info application/pdf eJournal |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
Jurnal Pendidikan Dasar
, 2014
|
Online Access: |
http://pasca.undiksha.ac.id/e-journal/index.php/jurnal_pendas/article/view/1050 http://pasca.undiksha.ac.id/e-journal/index.php/jurnal_pendas/article/view/1050/798 |
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan meningkatkan kemampuan berbahasa dan kemampuan sosial anak Pelaksanaan penelitian didasarkan pada hasil observasi awal yang masih rendah. Oleh karena itu, perlu diimplementasikan metode bercerita berbantuan media boneka. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilak-sanakan dalam 2 siklus. Subjek penelitian, anak kelompok B pada TK Negeri Pembina Kintamani Bangli yang berjumlah 20 orang. Metode pengum-pulan data dengan mengadakan observasi, kemampuan berbahasa dan sosial anak, analisis data menggunakan deskripsi dan analisis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa akhir siklus I kemampuan berbahasa anak dengan klasi-fikasi baik 20%, cukup 70% dan 10% kurang, skor rata-rata 48.14 dengan klasifikasi cukup. Pada akhir siklus II kemampuan anak sangat baik 25%, baik 65%, cukup 10%, dan tidak ada anak yang kurang, skor rata-rata 75.95 sangat baik. Sedangkan sikap sosial dengan klasifikasi baik 20%, cukup 65%, kurang 15% skor rata-rata 48.57 cukup. Akhir siklus II sangat baik 40%, baik 60% dan tidak ada anak dengan klasifikasi cukup dan kurang, skor rata-rata 76.00 dengan sangat baik. Berdasarkan analisis diatas juga dapat meningkatkan aspek-aspek perkembangan berbahasa dan sikap sosial anak.Kata Kunci : metode bercerita dengan berbantuan media boneka, kemampuan berbahasa, kemampuan sosial This study aims to improve language skills and social skills children The research was based on initial observations are still low. Therefore, methods need to be implemented aided tell media dolls. This research is a class act conducted in two cycles. Research subjects, children group B in kindergarten Negeri Pembina Kintamani Bangli that amounted to 20 people. Methods Data gathering by conducting observations, the ability language and social development, data analysis using the description and analysis. The results showed that the end of the cycle I language skills of children with good classifications 20%, just 70% and 10% less, an average score of 48.14 with enough classification. At the end of the cycle II of the child's ability is excellent 25%, good 65%, just 10%, and no child is less, an average score of 75.95 is very good. While social attitudes with good classification of 20%, 65% enough, less 15% average score of 48.57 enough. The end of the cycleII 40% excellent, 60% good and no child with enough classification and less, an average score of 76.00 with a very good. Based on the above analysis can also improve aspects development of the child's language and social attitudes.keyword : methods of tell with dolls assisted methods, language skills, social skills